Sabtu, 20 April 2024

AS Balas Serang Fasilitas Garda Revolusi Iran di Suriah

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Militer AS menyatakan telah melancarkan serangan udara terhadap dua lokasi milisi yang didukung Iran di Suriah Timur sebagai tanggapan atas serangan drone yang menewaskan seorang warganegara AS sehari sebelumnya.

Dilansir dari Defense.gov, Sabtu (25/3), Pentagon mengatakan warganegara AS itu tewas pada Kamis di sebuah markas militer di Suriah Timur Laut akibat serangan drone yang menurut intelijen dilakukan oleh Korps Garda Revolusi Islam Iran (IRGC).

“Kami tidak mencari konflik atau perang dengan Iran. Sayangnya, kelompok-kelompok yang didukung Iran ini, tidak hanya di Suriah tetapi juga melakukan operasi di Selat Hormuz, telah mengekspor teror dan ketidakstabilan keamanan,” ujar Sekretaris Pers Pentagon Patrick S. Ryder.

Baca Juga: Korut Klaim Sukses Uji Coba Drone Nuklir Bawah Laut

Sebelumnya, beberapa drone menghantam sebuah fasilitas militer AS di Hasaka, Suriah, pada pukul 13.38 waktu setempat. Enam orang lainnya cedera dalam serangan tersebut, termasuk lima tentara AS.

Ryder menjelaskan, lebih dari 12 jam kemudian, dua F-15E Strike Eagle melancarkan serangan balasan malam hari terhadap dua markas yang berafiliasi dengan IRGC di Suriah timur sekitar pukul 02:40. Tindakan balasan ini dilakukan setelah Presiden Joe Biden memerintahkan perlunya tanggapan “proporsional” kepada Angkatan Udara AS. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER