Selasa, 21 Mei 2024

Argentina Beli 24 Pesawat Tempur F-16 dari Denmark

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Menteri Pertahanan (Menhan) Argentina Luis Petri menandatangani kesepakatan dengan Denmark untuk membeli 24 pesawat tempur F-16 bekas senilai 2,1 miliar kroner (sekitar $300 juta) pada beberapa waktu lalu.

Dilansir dari Argentina.gob.ar, laman resmi Kemhan Argentina, Rabu (17/4), pembelian puluhan pesawat tersebut, yang dibuat oleh Amerika Serikat (AS), menunjukkan langkah lanjutan pemerintah dalam mengalokasikan dana demi memperkuat kapabilitas dan kapasitas militer.

Baca Juga: Usai diserang Iran, Israel Tunda Rencana Perluas Invasi ke Kota Rafah

“Kami menyelesaikan akuisisi pesawat militer terpenting sejak tahun 1983. Ini adalah 24 pesawat F-16 yang telah dimodernisasi dan dilengkapi dengan teknologi terbaik, dan saat ini berada pada level pesawat terbaik yang terbang di angkasa,” kata Petri.

“Berkat investasi di bidang pertahanan ini, saya dapat dengan bangga mengatakan bahwa kita mulai memulihkan kedaulatan udara dan seluruh masyarakat kita lebih terlindungi dari semua ancaman,” tambahnya.

Baca Juga: Menjauh dari AS, Niger Pererat Hubungan Militer dengan Rusia

Kesepakatan akuisisi itu mencakup pengiriman empat simulator penerbangan, delapan mesin dan suku cadang untuk pesawat tersebut selama lima tahun. Kontraknya pun termasuk pelatihan bagi pilot dan mekanik Argentina.

“Kontraknya bernilai sekitar $300 juta, di bawah harga pasar,” kata Manuel Adorni, juru bicara kepresidenan Argentina melansir Reuters. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER