Rabu, 1 Mei 2024

Tahun 2023, Menhan Prabowo Siap Hidupkan Kembali Latgabma Malindo Darsasa

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto bersama Menteri Pertahanan Senior Datuk Seri Hishammuddin Tun Hussein menandatangani Memorandum of Understanding (MoU), dalam upaya untuk menghidupkan kembali kerja sama pertahanan antara kedua negara. Kerjasama ini dilakukan selama Pertemuan General Border Committee (GBC) Malindo ke-42 di Kuala Lumpur, Malaysia, Selasa (9/8).

Salah satu yang menjadi kesepakatan diantara kedua Menhan tersebut adalah Latihan Gabungan Bersama Darat, Laut, Udara Malaysia-Indonesia (LATGABMA MALINDO DARSASA)

Latgabma Malindo Dasarsa merupakan ajang persamaan persepsi mencegah adanya ancaman terorisme yang semakin gencar di wilayah Indonesia-Malaysia.

Penyelenggaraan Latgabma Malindo Darsasa ini memiliki tujuan untuk melatih kesiapsiagaan Combined Joint Task Force-Counter Terrorism (CJTF-CT) Malindo beserta komponen lainnya dalam melaksanakan operasi penanggulangan terorisme melalui sharing informasi intelijen secara efektif dan efisien agar tercapai hasil maksimal sebagai antisipasi kemungkinan terjadinya serangan di wilayah perbatasan bersama dan wilayah tertentu yang mempunyai kepentingan bersama bagi kedua Negara.

Lebih lanjut, Latgabma Malindo Darsasa memiliki arti dan manfaat yang sangat besar dan strategis bagi kedua negara, antara lain meningkatkan kualitas serta kapasitas kerjasama militer TNI dan ATM di segala bidang, terutama berkaitan dengan upaya peningkatan profesionalisme prajurit kedua negara, sehingga terciptanya kesamaan prosedur pelaksanaan (Interoperability).

Kegiatan ini juga untuk meningkatkan kemampuan dalam menanggulangi terorisme di kawasan Asia Tenggara, terutama bagi kedua negara dan menguji Protap Malindo, khususnya yang terkait dengan penanggulangan terorisme, sehingga didapatkan evaluasi yang komprehensif guna penyempurnaan Protap tersebut dihadapkan pada kemungkinan pelaksanaan operasi sebenarnya.

Terakhir kegiatan Latgabma Malindo Darsasa ini dilaksankan pada tahun 2019 lalu dibawah kepemimpinan Danjen Kopassus saat itu, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa. (gin)

BERITA TERBARU

INFRAME

Peringatan HUT ke-72 Kopassus

Upacara peringatan HUT ke-72 Komando Pasukan Khusus (Kopassus) berlangsung di Lapangan Mako Kopassus, Cijantung, Jakarta, Selasa (30/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER