Selasa, 21 Mei 2024

Unsur Koarmada III Evakuasi Kapal Mati Mesin di Perairan Arafura

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III Laksamana Muda TNI Agus Hariadi, mengerahkan unsur udara dan laut untuk mencari KM Vivie Rae II yang mengalami mati mesin di Perairan Arafura, Minggu (5/3).

Dikutip dari keterangan Dispen Koarmada III, Senin (6/3), awalnya Koarmada III menerima laporan pencarian tersebut dari Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lantamal) XI Merauke yang meneruskan informasi dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Merauke.

Baca Juga: Prabowo Boyong Industri Pertahanan Lokal untuk Unjuk Gigi di IDEX UEA

Pascamenerima informasi tersebut, Agus langsung memerintahkan pesawat udara (pesud) TNI AL CN 235-220 MPA P-8304 dan KRI untuk bergabung dengan tim SAR gabungan, sebagai upaya mencari kapal yang mengalami kerusakan mesin.

Evakuasi
(Foto: Dok. Dispen Koarmada III)

Hasil pencarian yang dilaksanakan pesud CN 235-220 MPA P-8304, dengan pilot Kapten Laut (P) Triyoga Sakti I dan kopilot Lettu Laut (P/W) Catur Arum Nuryani, akhirnya dapat menemukan KM Vivie Rae II dengan posisi terapung di Perairan Arafura.

Dari komunikasi antar pesawat dengan kapal tersebut, diketahui enam anak buah kapal (ABK) dari warga negara asing (WNA), dalam keadaan sehat. Kebutuhan makanan di kapal tersebut masih mencukupi saat mengalami kerusakan dan menunggu evakuasi.

KM Vivierae II
(Foto: Dok. Dispen Koarmada III)

Baca Juga: Sukses Latma AMAN di Pakistan, KSAL Sambut KRI RE Martadinata-331

Sebelumnya, kronolgi kejadian bermula saat KM Vivie Rae II bergerak dari Marshall Island pada Minggu (26/2) menuju Sorong dan pada Kamis (2/3) kapal mengalami kerusakan mesin. Lalu, kapten kapal segera menghubungi kantor perwakilannya di Bali untuk meminta bantuan penarikan kapal KM Vivierae II. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER