Jumat, 19 April 2024

Unhan Wisuda 432 Mahasiswa Program Pasca Sarjana dan Doktoral

BACA JUGA

BOGOR (IDM) – Universitas Pertahanan (Unhan) Republik Indonesia menggelar  Sidang Senat Terbuka Wisuda S2 dan S3 serta Dies Natalis ke-12 Unhan di Aula Merah Putih, Kampus Sentul, Bogor, Jawa Barat, Rabu (17/3/2021). Turut hadir Wakil Menteri Pertahanan RI M. Herindra mewakili Menhan RI Prabowo Subianto. 

Dalam sambutannya, Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto yang disampaikan oleh Wamenhan M. Herindra mengatakan bahwa perayaan wisuda di awal tahun ini berbeda dari biasanya sebab situasi dan dampak pandemi COVID-19 yang masih dihadapi.

“Para wisudawan dan wisudawati sebagai bagian dari  SDM pertahanan harus mampu membuktikan dengan karya nyata dengan mengaplikasikan semua ilmu yang diperoleh,” ujar peraih Adhi Makayasa – Tri Sakti Wiratama Akademi Militer 1987.

Dalam amanat Menhan yang dibacakan oleh Wamenhan dijelaskan, perkembangan lingkungan strategis baik global, regional, maupun nasional saat ini telah menciptakan spektrum ancaman, tantangan dan risiko yang kompleks terhadap pertahanan negara. Dalam menghadapi ancaman tersebut, perumusan kebijakan strategis sangat diperlukan. 

Unhan Wisuda 432 Mahasiswa  Program Pasca Sarjana dan Doktoral
[Dok IDM/Rayi Gigih]

Sementara itu, Rektor Universitas Pertahanan (Unhan) Laksamana Madya Amarulla Octavian dalam sambutanya mengatakan jumlah wisudawan dan wisudawati tahun ini dari Program Magister 426 orang dan 6 orang program Doktoral. Rinciannya, Fakultas Strategi Pertahanan sebanyak 230 orang, Fakultas Manajemen Pertahanan 68 orang, Fakultas Keamanan Nasional 86 orang, dan Fakultas Teknologi Pertahanan 42 orang. 

”Total seluruhnya 432 wisudawan dan wisudawati dengan rincian TNI AD 112 orang, TNI AL 65 orang, TNI AU 42 orang, Polri 11 orang, PNS 16 orang dan umum 186 orang,” ujar Rektor Unhan Laksamana Madya TNI Amarulla Octavian yang memimpin langsung jalannya Sidang Senat Terbuka Wisuda S-2 dan S-3 serta Dies Natalis ke-12 Unhan RI tersebut.

Wisuda kali ini cukup istimewa karena untuk kali pertama pada tahun ini Unhan berhasil menyelesaikan Program Doktoral dengan 6 alumni dari Angkatan CO-1 penerimaan 2018. Lulusan terbaik pada Dies Natalis ke-12 adalah Cantika Permata Sari dari Program Studi Ketahanan Energi, Fakultas Manajemen Pertahanan dengan IPK 3,96.

Unhan Wisuda 432 Mahasiswa  Program Pasca Sarjana dan Doktoral
Cantika Permata Sari dari Program Studi Ketahanan Energi, Fakultas Manajemen Pertahanan, ditahbiskan sebagai lulusan terbaik tahun ini. [Dok IDM/Rayi Gigih]

Hadir pada wisuda kali ini Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Aris Junaidi yang memberikan sambutan secara daring mewakili Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim. 

Sedangkan undangan yang hadir antara lain anggota Komisi I DPR, Komisi X DPR, serta para pejabat Kemhan, Mabes TNI, tiga Mabes Angkatan, Mabes Polri, dan lembaga-lembaga pendidikan di lingkungan Kemhan dan TNI.

Orasi ilmiah disampaikan oleh Dekan Fakultas Farmasi Militer Yahdiana Harahap dengan judul ‘Upaya Kemandirian Bahan Baku Obat dan Vaksin Selama Pandemi Covid-19 untuk Pertahanan Negara’. (wan)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER