Selasa, 25 Juni 2024

Turki Resmi Operasikan Kapal Serbu Amfibi TCG Anadolu

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Setelah menanti selama tujuh tahun, akhirnya Turki resmi mengoperasikan kapal serbu amfibi pertamanya yang bernama TCG Anadolu. Kapal ini semakin memperkuat kemampuan angkatan laut dan menjadikan Turki sebagai salah satu dari sedikit negara di dunia dengan kapal serbu amfibi yang dapat dikonfigurasi sebagai kapal induk V/STOL buatan dalam negeri.

Dilansir dari Reuters, Selasa (11/4), dibangun di galangan kapal Sedef yang berbasis di Istanbul, kapal raksasa dengan panjang 232 meter dan lebar 32 meter ini mampu membawa sekitar 1.400 personel, dan mengangkut 93 kendaraan termasuk helikopter dan jet yang dapat lepas landas dari landasan pacu pendek.

Baca Juga: Rusia Modifikasi Bom Era Soviet FAB-500 Menjadi Rudal Jelajah

“Kapal ini akan memungkinkan kami melakukan operasi militer dan kemanusiaan di setiap sudut dunia, bila diperlukan. Kami melihat kapal ini sebagai simbol yang akan mengkonsolidasikan posisi kepemimpinan regional Turki,” ujar Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan saat upacara peluncuran di Istanbul pada Senin (10/4).

Menurutnya, persenjataan kapal, perangkat lunak maupun keras seperti radar inframerah, radar elektrooptik, laser, teknologi tempur, hingga sistem pertahanannya dikembangkan secara mandiri. Kapal ini juga dilengkapi fasilitas rumah sakit dan dua ruang operasi.

Baca Juga: Resmi Jadi Anggota NATO, Finlandia akan Borong David’s Sling

“Sebanyak 131 sub-kontraktor bergabung dalam proses pembangunan kapal. Nantinya, drone Bayraktar TB3 dan Kizilelma Turki serta pesawat tempur ringan Hurjet akan dapat lepas landas dan mendarat di kapal,” ujarnya.

Erdogan pun berjanji untuk melanjutkan transformasi industri pertahanan Turki yang telah meningkat selama dua dekade terakhir melalui program inisiatif yang dikembangkan di dalam negeri. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER