Sabtu, 15 Juni 2024

Tingkatkan Kapabilitas, TNI AU – US PACAF Gelar Latma Cope West 2022

BACA JUGA

Jakarta, IDM Flypass empat pesawat tempur EMB-314 Super Tucano dari Skadron Udara 21 mewarnai pembukaan Latihan Bersama (Latma) TNI Angkatan Udara (TNI AU) dengan United States Pacific Air Force (US PACAF) yang digelar di Lanud Abdulrachman Saleh, Malang, Jawa Timur.

Latma yang digelar dengan sandi Cope West Mobility Air Force 2022 ini dibuka oleh Danlanud Abdulrachman Saleh Marsma TNI Zulfahmi dan Ketua Delegasi US PACAF Colonel Ian Frances melalui upacara pembukaan di lapangan upacara Skadron Udara 32, Kamis (16/6).

(Dok. Dispenau)

“Latma Cope West Mobility Air Force 2022 digelar tidak hanya untuk meningkatkan kemampuan dan berbagi pengalaman antar personel kedua angkatan udara, tetapi juga meningkatkan kerja sama dan hubungan yang lebih erat, antara TNI AU dan US PACAF,” ungkap Danlanud Abdulrachman Saleh seperti dilansir dari keterangan resmi Dispenau.

Pernyataan senada disampaikan oleh Colonel Ian Frances yang menyebut Latma Cope West akan menjadi suatu rangkaian latihan bilateral yang semakin memperkokoh kerja sama antara angkatan bersenjata Amerika Serikat dan Indonesia.

“Latma Cope West 2022 bukan hanya menjadikan anggota kedua angkatan udara memiliki kemampuan tempur yang lebih baik, namun juga membangun tim yang tangguh, dalam melaksanakan misi operasi mobilitas udara,” jelas Colonel Ian.

(Dok. Dispenau)

Dalam latihan yang berlangsung hingga 24 Juni 2022 mendatang ini sejumlah Alat utama sistem persenjataan (Alutsista) dikerahkan, di antaranya dua pesawat C-130 Hercules Skadron 32 Lanud Abdulrachman Saleh dan dua pesawat yang sama dari Skadron Udara 36 Pangkalan Udara Yokota US PACAF.

Sejumlah manuver taktis mobilitas udara secara formasi antara pesawat C-130 TNI AU dan C-130 US PACAF juga akan dipertunjukkan dalam Latma kali ini. (yas)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER