Senin, 4 Maret 2024

Tingkatkan Kapabilitas, Prajurit Yontaifib 2 Marinir Gelar Latihan Selam Tempur di KRI Nagapasa 403

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Prajurit Intai Amfibi 2 Marinir (Yontaifib 2 Mar) menggelar latihan selam tempur dalam rangka latihan Standar Kompetensi Perorangan Lanjutan (SPKL) TW IV Tahun 2021. Latihan dilakukan di dermaga sandar kapal selam Koarmatim, Surabaya, Jawa Timur (16/12/2021).

Sebanyak 14 personel yang terbagi ke dalam dua tim mengikuti latihan ini. Latihan dipimpin langsung oleh Wakil Komandan Batalyon Intai Amfibi 2 Marinir Mayor Marinir Pujo Setyono dengan menggunakan KRI Nagapasa 403.

Dalam laman resmi TNI AL, tnial.mil.id, dijelaskan bahwa latihan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan prajurit Tri Media dalam hal taktik, teknik, dan strategi pertempuran laut serta kondisi tertentu dalam mendukung pelaksanaan tugas operasi di masa yang akan datang.

Wakil Komandan Batalyon Intai Amfibi 2 Marinir, Mayor Marinir Pujo Setyono mengarahkan dan menekankan kepada seluruh pelaku agar selalu siap serta serius dalam melaksanakan setiap kegiatan dengan tetap memperhatikan prosedur keamanan latihan (zero accident) dan protokol kesehatan.

Adapun materi yang dilatihkan yaitu pelaksanaan exfiltrasi dengan sarana peluncur torpedo (Petor) dengan menggunakan 2 metode penyelaman yaitu Open Circuit dan Closed Circuit. Kemudian, dilanjutkan dengan gerakan taktis menuju sasaran dengan menggunakan metode turtle back dan juga menggunakan kompas bawah air sebagai sarana kendalinya.

Selain itu para prajurit juga melaksanakan exfiltrasi dengan metode side hatch atau keluar dari pintu palka samping kapal selam secara cepat dan senyap. (yas)

BERITA TERBARU

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER