Jumat, 19 April 2024

Tegaskan Komitmen Kerja Sama Pertahanan AS-Indonesia, Dubes AS Temui Panglima TNI

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia Sung Y. Kim melakukan pertemuan dengan Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, di Mabes TNI, Senin (27/3).

Dalam pertemuan tersebut, Kim menegaskan komitmen AS untuk terus memperkuat dan memperluas hubungan pertahanan dan keamanan bilateral AS-Indonesia yang selama ini telah terjalin dengan begitu baik.

“Dubes Kim dan Panglima TNI berdiskusi tentang berbagai hal terkait kerja sama pertahanan AS-Indonesia, termasuk persiapan latihan bersama Super Garuda Shield 2023, yang rencananya akan dilaksanakan pada pertengahan tahun ini,” demikian dikutip dari pernyataan Kedubes AS untuk Indonesia yang diterima Redaksi IDM.

AS-Indonesia
Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono saat menyambut kedatangan Dubes AS untuk Indonesia Sung Y. Kim saat bertandang ke Mabes TNI. (Foto: Dok. Kedubes AS untuk Indonesia)

Membahas perihal Garuda Shield, latihan bersama antara personel Indonesia dan AS ini dapat disebut sebagai tonggak kemitraan militer di antara kedua negara.

Baca Juga: Wakili KSAU, ASOPS KSAU Hadiri Upacara Pemberangkatan Satgas TNI Monusco

Tahun lalu, latihan ini dilaksanakan dengan skala yang lebih besar daripada sebelumnya dengan bertajuk ‘Super Garuda Shield’. Untuk itu, latma ini menjadi latihan multinasional gabungan terbesar di kawasan Indo-Pasifik.

Dalam pelaksanaannya, sejumlah kegiatan juga dilakukan secara perdana seperti penerjunan udara trilateral yang melibatkan AS, Indonesia, dan Jepang. (yas)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER