Kamis, 30 Mei 2024

Taruna Tingkat III AAU Laksanakan Latihan Pertahanan Pangkalan di Gunung Kidul

BACA JUGA

Yogyakarta, IDM – Taruna Tingkat III AAU melaksanakan Latihan Pertahanan Pangkalan sebagai kelanjutan dari teori yang didapatkan di kelas. Latihan dengan sandi Bhuwana Paksa ini merupakan aplikasi lapangan dari materi yang telah diperoleh para Taruna selama pembelajaran di kelas.

Latihan ini juga merupakan bagian dari Operasi Hanud Aktif, yaitu Hanud Titik dalam rangkaian Sistem Pertahanan Udara Nasional, meliputi manajemen operasional Hanlan, termasuk teknik dan taktik maupun strategi pertahanan di darat, baik yang bersifat horizontal maupun vertikal dalam mengamankan obyek-obyek vital yang ada di Pangkalan Udara.

Latihan kematraan dengan sandi Bhuwana Paksa ini akan dilaksanakan di Ksatrian AAU dan Pangkalan Gading, Gunungkidul, Yogyakarta dan diselengarakan dari tanggal 10-13 Oktober 2022.

Sebelumnya, Gubernur AAU, Marsda TNI Eko D. Indarto, Jum’at (7/10) memberikan arahan kepada Seluruh Taruna Tingkat III (Sermadatar AAU) yang akan melaksanakan Latihan Pertahanan Pangkalan selama 5 hari.

Pada kesempatan tersebut Eko menekankan agar para Sermadatar tersebut mempersiapkan diri sehingga Latihan Pertahanan Pangkalan dapat berjalan lancar dan aman sesuai rencana yang telah ditetapkan.

“Ada waktu dua hari sebelum kalian berangkat melaksanakan, yaitu Sabtu-Minggu. Persiapkan diri kalian dengan sebaik-baiknya agar Latihan dapat berjalan lancar. Cari referensi dari berbagai sumber sebanyak-banyaknya terkait dengan pertahanan pangkalan, sehingga pada saat nya pelaksanaan latihan kalian tidak akan menghadapi kendala. Sudah saatnya bagi Taruna Tingkat III untuk mengatur dan mempersiapkan diri dalam memperkaya ilmu pengetahuan dan teknologi. Namun demikian agar semua tetap terkontrol dengan baik, maka hasil penguasaan literasi yang kalian lakukan harus dilaporkan kepada pengasuh dan akan menjadi nilai tambah dalam pelaksanaan Latihan tersebut.” pesan Eko.

Memperhatikan instruksi yang ditekankan oleh Gubernur AAU, sejak hari pertama latihan hingga hari keempat para Taruna tampak penuh semangat dan sangat mematuhi setiap instruksi yang diberikan oleh pelatih maupun pengasuh. (gin)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER