Senin, 27 Mei 2024

Sertijab Panglima TNI, Jenderal Agus Subiyanto Resmi Gantikan Laksamana Yudo Margono

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Jenderal Agus Subiyanto resmi menggantikan Laksamana Yudo Margono mengisi jabatan Panglima TNI. Pergantian posisi itu ditandai dengan upacara serah terima jabatan (sertijab) di Mabes TNI, Cilangkap, Rabu (22/11).

Sertijab ini dilakukan usai Agus dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara pada Rabu (22/11) pagi. Agenda yang dimulai pukul 13.16 tersebut dimulai dengan kirab yang dilanjutkan dengan upacara yang melibatkan seluruh komponen TNI.

Baca Juga: KSAU Hadiri Pelantikan Jenderal Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI

Sebagai Panglima TNI yang baru, Agus mengatakan akan melanjutkan program-program yang selama ini telah dibangun Yudo. Ia juga menegaskan bakal menjadikan TNI sebagai institusi yang lebih adaptif.

“Jadi program saya akan melanjutkan program-program yang sudah dilaksanakan oleh panglima TNI sebelumnya,” kata Agus kepada awak media di Plaza Mabes TNI.

“Jadi sesuai visi misi saya, TNI yang prima, profesional, responsif, integratif, modern dan adaptif,” sambungnya.

Baca Juga: Dukung Pelaksanaan Sail Teluk Cenderawasih 2023, TNI AU Kerahkan Pesawat CN 235-220

Adapun Pelantikan Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 102/TNI/2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Panglima Tentara Nasional Indonesia. Keppres tersebut ditetapkan di Jakarta pada tanggal 22 November 2023.

Sebelum dilantik dan melakukan sertijab, Jenderal TNI Agus Subiyanto telah menempuh Fit & Proper Test di DPR pada Senin (13/11). Kemudian pada tanggal Selasa (21/11) DPR resmi menyetujui Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI. (un)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER