Jumat, 19 April 2024

Resmi Ditutup, Kejurnas Terjun Payung Kasau Cup 2023 Raih Rekor MURI

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Asisten Potensi Dirgantara (Aspotdirga) KSAU Marsda TNI Andi Wijaya secara resmi menutup Kejuaraan Nasional Terjun Payung Kasau Cup 2023 bertempat di Lanud Abdulrachman Saleh, Malang, Minggu (1/10).

Pelaksanaan Kejurnas tahun ini menjadi spesial lantaran berhasil menorehkan rekor dan mendapat penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI). Senior Manajer MURI, Triyono mengungkap salah satu rekor yang diraih adalah kompetisi terjun payung dengan jumlah peserta terbanyak, hingga mencapai 1.419 penerjun.

“Rekor yang telah ditorehkan oleh TNI Angkatan Udara dan Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) tersebut merupakan rekor pertama di Indonesia,” ungkap Triyono.

Baca Juga: KSAD Berikan Orasi Ilmiah di Universitas Pasundan

Dalam pelaksanaannya, ribuan penerjun tersebut diangkut dengan pesawat NC-212 asal Skadron Udara 4 dan pesawat C-130 yang dioperasionalkan oleh Skadron Udara 32 Lanud Abdulrachman Saleh Malang.

penerjun
Pesawat C-130 Hercules yang digunakan untuk membawa penerjun dalam Kejurnas Terjun Payung Kasau Cup 2023. (Foto: Dok. Instagram @militer.udara)

Dikutip dari keterangan TNI AU dalam instagram @militer.udara, Selasa (3/10) dijelaskan, masing-masing pesawat terbang sebanyak 56 sorties dan 10 sorties untuk membawa para penerjun.

Sementara itu, dua rekor lainnya dalam Kerjunas ini terdapat di cabang Formation Skydive (FS) dan Canopy Formation (CF).

Baca Juga: 4.000 Ribu Personel Gabungan Dikerahkan untuk Amankan KTT AIS di Bali

Pada kategori CF, pemecahan rekor diraih oleh tim FASI Jabar Klub Aves Bandung untuk “Formasi Terbanyak Nomor Kerja Sama Antarparasut dalam Satu Babak”, yaitu sebanyak 7 formasi.

Sementara itu, dalam kategori FS, rekor yang tercipta adalah rekor “Formasi Terbanyak Nomor Kerja Sama di Udara dalam Satu Babak”, yaitu sebanyak 18 formasi oleh tim FASI Jabar Brigif PR 18 Kostrad. (yas)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER