Kamis, 30 Mei 2024

Program Ketahanan Pangan dan Manunggal Air TNI AD Diklaim Sejahterakan Warga Papua

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Program ketahanan pangan dan manunggal air menjadi di antara program unggulan TNI AD. Melalui dua program tersebut, TNI dinilai mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang menerima manfaat.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Kodam XVIII/Kasuari bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat beberapa tahun belakangan ini. Tercatat, kerja sama keduanya telah berhasil mengoptimalkan 4.811 hektare lahan tidur menjadi areal persawahan untuk dikelola masyarakat.

Baca Juga: TNI Siapkan Demo Udara Gabungan Peringatan HUT ke-79 RI di IKN

Plt. Sekretaris Daerah Papua Barat, Yacob Fonataba, mengatakan bahwa sejak tahun 2016 pencetakan sawah baru yang dikerjakan personel TNI AD mencapai seluas 2.372 hektare. Kemudian di tahun 2017 bertambah seluas 1.999 hektare dan tahun 2018 seluas 440 hektare.

“Lahan tersebut nantinya tidak hanya ditanami padi sawah, namun juga komoditas perkebunan seperti singkong, jagung dan lainnya,” ujar Yacob.

Program cetak sawah belum lama ini juga dilaksanakan oleh Kodim 1702/Jayawijaya, Papua. Para prajurit membuka lahan seluas 7 hektare agar masyarakat Distrik Welesi, Jayawijaya, Papua, dapat menggunakannya untuk bercocok tanam.

Baca Juga: Berkolaborasi dengan APDI, Lanud Yohanis Kapiyau Timika Gelar Remote Pilot Certification Training

Tak berhenti disitu, TNI AD juga menjalankan program manunggal air di Papua untuk menyokong irigasi pertanian sekaligus sebagai sumber air bersih yang dibutuhkan dalam aktivitas sehari-hari.

Hingga saat ini sudah ada 44 titik sumber air bersih dikerjakan TNI AD di wilayah Papua, meliputi wilayah Sorong, Manokwari, Sentani, Jayapura, Timika, hingga Merauke. (nhn)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER