Senin, 4 Maret 2024

Presiden Ukraina dan Polandia Bahas Kerja Sama Strategis

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky bertemu dengan Presiden Polandia Andrzej Duda setelah berkunjung dari Amerika Serikat (AS). Kedua pemimpin negara ini membahas rencana strategis dalam mempererat hubungan bilateral dan interaksi di forum international pada tahun depan.

Dilansir dari President.gov.ua, Kamis (22/12), Zelensky dan Duda berdiskusi selama dua jam di Rzeszow, Polandia. Dalam diskusi tersebut, Zelensky menyebutkan bahwa Polandia adalah tetangga Ukraina yang memiliki kekhawatiran serupa dalam menghadapi tantangan pertahanan dan keamanan. Sebelumnya, Rudal yang diduga dari Rusia pernah jatuh di Polandia, tetapi Moskow menolak dugaan tersebut.

“Dalam perjalanan pulang (dari AS), saya bertemu dengan seorang teman Ukraina, Presiden Polandia Andrzej Duda. Kami menyimpulkan bahwa tahun ini, menjadi tantangan bersejarah karena adanya perang skala penuh. Kami juga membahas rencana strategis ke depan, hubungan bilateral dan interaksi di tingkat internasional pada 2023,” ujar Zelensky.

Baca: Putin: Konflik Dapat diakhiri dengan Diplomasi

Zelenskyy mengucapkan terima kasih kepada Duda atas “dukungan kuat dan tak tergoyahkan negaranya untuk Ukraina.” Menurutnya, AS secara strategis merupakan sekutu terpenting Kiev sedangkan Polandia adalah tetangga Ukraina dengan ikatan sejarah yang kuat. Kedua presiden pun sepakat untuk meningkatkan kerja sama khususnya dalam mengatasi masalah kemanusiaan karena Polandia telah menjadi tujuan warga Ukraina untuk mengungsi dan melarikan diri sejak perang berlangsung. (bp)

BERITA TERBARU

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER