Pitch Black ’22, F-16 TNI AU Unjuk Kemampuan dalam Misi Serangan Malam

BACA JUGA

ads-custom-1

Jakarta,IDM – Kontingen TNI Angkatan Udara (TNI AU) melaksanakan Offensive Counter Air/Strike Dynamic Traget (OCA/STK DT) yang menjadi bagian dari misi Large Force Employment (LFE) dalam Latihan Pitch Black ’22, di Royal Australian Air Force (RAAF), Rabu malam (7/9).

Secara keseluruhan, LFE malam hari, melibatkan 71 pesawat terbang dari seluruh peserta yang ikut dalam latihan Pitch Black ’22.

Dalam latihan tersebut para peserta kembali dibagi menjadi dua tim, Blue Force dan Red Force. Blue Force bertugas untuk melakukan serangan di mana target sasaran adalah menghancurkan Air Defense System (IADS), pasukan darat dan pesawat udara musuh yang merupakan objek vital.

Blue Force didukung dengan kekuatan 45 pesawat dan dipimpin oleh Jerman (GAF). Negara lain yang tergabung dalam tim ini di antaranya 4 F-16 TNI AU. Dalam misi ini, F-16 TNI AU bersinergi dengan 4 SU-30 India (IAF), 6 F-15 dan 6 F-16 Singapura (RSAF).

(Dok Dispenau)

Sementara Red Force dipimpin oleh Mission Commander US PACAF dan diperkuat dengan 26 pesawat salah satunya 2 F-16 TNI AU yang memiliki tugas untuk mempertahankan wilayah. Secara umum, Red Force bertugas untuk mempertahankan wilayahnya dari serangan musuh, dengan melindungi sistem pertahanan udara dan infrastruktur strategis.

Mengutip keterangan Dispenau, Komandan kontingen TNI AU, Letkol Pnb G. M.Yoga Ambara mengatakan, misi terbang malam pada OCA bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan penerbang TNI AU dalam melaksanakan berbagai misi penerbangan malam hari.

“Selain menambah pengalaman dalam terbang malam, misi ini juga meningkatkan safety concern yang tinggi, sehingga penerbangan dapat dilaksanakan dengan aman,” ujar Yoga yang sehari-hari menjabat sebagai Danwing 3 Lanud Iswahjudi.

Dalam pelaksanaan OCA/STK DT malam hari, pesawat F-16 TNI AU dilengkapi dengan Night Vision Google (NVG) dan Targetting POD yang akan mempermudah pelaksanaan misi terbang malam, meskipun keadaan minim pencahayaan. (yas)

ads-custom-2

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

BERITA TERBARU

ads-custom-5

POPULER