Pangkoarmada I Pimpin Apel Gelar Pasukan Latihan Operasi Dukungan Tembakan

35
Panglima Komando Armada I (Pangkoarmada I) Laksamana Muda TNI Abdul Rasyid, melakukan inspeksi barisan saat Apel Gelar Pasukan Latihan Dukungan Tembakan Koarmada I di Dermaga JCIT II, Tanjung Priok, Jakarta (20/11). (Foto IDM/Rayi Gigih)

Jakarta, IDM – Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) I Laksamana Muda TNI Abdul Rasyid K, S.E., M.M., pimpin Apel Gelar Pasukan Latihan Operasi Dukungan Tembakan TA 2020 dengan tema “Koarmada I menyelenggarakan latihan Operasi Dukungan Tembakan TA 2020 di Perairan Natuna Selatan dan sekitarnya dalam rangka mendukung tugas TNI Angkatan Laut”, bertempat di Dermaga JICT II Tanjung Priok Jakarta Utara, Jumat (20/11/2020).

Dalam sambutannya, Pangkoarmada I menyampaikan bahwa “Latihan ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesiapan, baik material maupun personel peserta latihan secara riil yang akan dilaksanakan selama enam hari mulai tanggal 20 sampai dengan 26 November 2020, dengan tujuan latihan antara lain meningkatkan kemampuan personel dalam merencanakan, menyiapkan persenjataan dan ketepatan penembakan terhadap sasaran yang dilakukan secara gabungan dalam bentuk unsur fungsi dan meningkatkan interoperabilitas antar satuan yang terlibat mulai dari tahap deteksi sampai dengan tahap netralitas.

“Adapun urgensi dilaksanakan latihan ini yakni untuk mengukur dan menguji kemampuan dan kesiapan satuan-satuan Koarmada I dan untuk meningkatkan kesiapan personel dan Alutsista Koarmada I dalam mendukung tugas-tugas TNI dan TNI Angkatan Laut,” ujarnya.

Panglima Komando Armada I (Pangkoarmada I) Laksamana Muda TNI Abdul Rasyid memberikan sambutan di atas podium saat Apel Gelar Pasukan Latihan Dukungan Tembakan Koarmada I di Dermaga JCIT II, Tanjung Priok, Jakarta (20/11). (Foto IDM/Rayi Gigih)

Lebih lanjut disampaikan bahwa “Latihan ini bersifat interoperabilty antar satuan sehingga dibutuhkan kerjasama taktis unsur latihan yang meliputi komando, pengendalian dan komunikasi, dan pelaksanaan latihan mengutamakan prosedur secara cermat dan benar guna terwujudnya “zero accident” dan mematuhi prosedur protokol kesehatan Covid-19”.

Latihan ini melibatkan 314 personel dan 10 KRI yakni KRI Wiratno-379, KRI Sutedi Senoputra-379, KRI Todak-631, KRI Barakauda-814, KRI Parang-647, KRI Bubara-868, KRI John Lie-358, KRI Kujang-642, KRI Surik-645, KRI Tjiptadi-381.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kas Koarmada I, Inspektorat Koarmada I, Kapok Sahli Pangkoarmada I, Kadissoplatal, Danguspurla Koarmada I, Danlantamal III, dan Pejabat Utama Koarmada I. (rgp/wan)