Selasa, 21 Mei 2024

Mengenal Resolusi DK PBB 2538, Terobosan Indonesia untuk Pasukan Perdamaian Perempuan

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Indonesia pernah menorehkan sebuah terobosan untuk meningkatkan peran perempuan dalam misi pemeliharaan perdamaian dunia yang digagas oleh Perserikat Bangsa-Bangsa (PBB).

Terobosan tersebut termuat di dalam Resolusi Dewan Keamanan (DK) PBB 2538 (2020) dan menjadi terobosan penting, karena untuk pertama kalinya Dewan Keamanan PBB meloloskan resolusi yang secara khusus mengangkat peran personel perempuan penjaga perdamaian dunia.

Resolusi yang digagas oleh Indonesia tersebut juga tergolong langka karena disponsori bersama oleh seluruh anggota DK PBB. 

Baca Juga: Jelang Purnatugas, Satgas Indo RDB XXXIX-E/Monusco Terima Kunjungan Tim MSC

“Di bawah Presidensi Indonesia, pada 28 Agustus 2020, Dewan Keamanan PBB berhasil mengesahkan secara konsensus Resolusi 2538 (2020) mengenai personel perempuan dalam misi pemeliharaan perdamaian PBB.  Resolusi ini merupakan kontribusi nyata Indonesia dalam diplomasi perdamaian,” tulis Kementerian Luar Negeri dalam laman resminya dikutip Minggu (14/4).

Beberapa elemen utama yang termuat dalam Resolusi ini antara lain, perlunya peningkatan jumlah personel perempuan dalam misi PBB; kerja sama pelatihan dan pengembangan kapasitas; pembentukan jejaring dan database personel perempuan; peningkatan keselamatan dan keamanan; penyediaan sarana dan fasilitas khusus bagi personel perempuan; serta kerja sama PBB dengan organisasi kawasan. 

“Dukungan atas inisiatif Indonesia ini tidak terlepas dari diplomasi, kredibilitas dan rekam jejak Indonesia dalam misi perdamaian PBB, termasuk kiprah personel perempuan Indonesia di berbagai misi PBB,” demikian ditegaskan oleh Menlu RI, Retno Marsudi.

Baca Juga: Yonif 733/Raider, Pasukan Elite TNI AD di Kota Ambon

Untuk diketahui, Indonesia memang aktif ambil bagian dalam misi pemeliharaan perdamaian dunia sejak tahun 1957. Melansir data resmi yang dirilis PBB per 31 Januari 2024, Indonesia tercatat sebagai negara kontributor pasukan perdamaian keenam terbanyak di dunia,dengan total personel sebanyak 2.720 orang.

Dari ribuan personel tersebut, sebanyak 121 personel di antaranya merupakan pasukan perdamaian dunia perempuan. (yas)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER