Minggu, 14 April 2024

Latihan Bersama AU Singapura, Puspenerbal Terjunkan CN-235 pada Eagle Indopura 2023

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Pusat Penerbangan TNI AL (Puspenerbal) akan menerjunkan pesawat CN-235 dalam latihan bersama dengan Angkatan Udara Singapura (Republic of Singapore Air Force).

Pesawat dari Skuadron Udara 800 Wing Udara 2 Juanda itu bakal bergabung dalam latihan bersama yang bertajuk Eagle Indopura 2023 di Selat Malaka, perbatasan antara Indonesia dan Singapura.

Komandan Wing Udara 2 Puspenerbal, Kolonel Laut (P) Ma’arif di Mako Wing Udara 2 Juanda, mengatakan Eagle Indopura merupakan latihan ke-27 sejak digelar pertama kali pada 1974.

Baca Juga: Wujud Kepedulian terhadap Lingkungan Hidup, KSAU Lepas 100 Tukik di Pantai Jimbaran Bali

“Dilaksanakan setiap dua tahun sekali dengan materi Maritime Warfare dan Maritine Security,” ujar Ma’arif dikutip dari keterangan Pen Puspenerbal, Selasa (29/8).

Pada Latma Eagle Indopura 2023 ini, Skuadron Udara 800 Wing Udara 2 melaksanakan latihan bersama dengan 121 Squadron Republic of Singapore Air Force.

Materi latihan di antaranya Maritime Patrol Aircraft (MPA) Interaction atau diskusi interaktif antara kru pesawat CN 235-220 MPA dan Fokker-F50 MPA.

Diskusi interaktif tersebut dihadiri Mayor Laut (P) Febriyanto Adi Nugroho, selaku Komandan Skuadron Udara 800 Wing Udara 2 bersama Komandan Skuadron 121 Angkatan Udara Singapura, LTC. Sebastian Chay.

Baca Juga: Prajurit TNI AU Berhasil Menang TKO dalam Kejuaraan Tinju Internasional

“Latihan ini adalah bentuk kerja sama antar kedua negara untuk meningkatkan hubungan bilateral,” kata Ma’arif

“Serta meningkatkan aspek stabilitas regional, khususnya di bidang maritim dan mengasah kemampuan dan keterampilan personel,” imbuhnya.

Keterlibatan CN-235 menjadi bagian yang sangat penting, terlebih bergabungnya salah satu skuadron dari Angkatan Udara Singapura, yaitu Skuadron 121, skuadron khusus dengan fungsi yang sama, Maritime Patrol Aircraft dengan menggunakan Fokker-F50. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER