Minggu, 26 Mei 2024

KSAL Tinjau Pembangunan Dua Kapal PC 60, Akan Diluncurkan Mei 2024

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Muhammad Ali meninjau pembangunan dua unit kapal Patroli Cepat (PC) 60 meter di Serang, Banten, Selasa (5/3).

Pembangunan kapal tersebut dikerjakan melalui Satuan Tugas Proyek Pengadaan Dalam Negeri (Satgas Yekda DN). Kolonel Laut (P) Sigit Pujiman, selaku dansatgas menyampaikan progres riil pembangunan PC 60 sebesar 76,67% dari perencanaan sesuai kontrak sebesar 75,42%.

Baca Juga: KSAD Tinjau Latihan Penembakan Senjata Pesawat Udara di Cipatat

“Sehingga nilai deviasi positif pembangunannya diperoleh sebesar 1,25%” ujar Sigit, dikutip dari keterangan Dispenal, Rabu (6/3).

KSAL Laksamana Muhammad Ali
(Foto: Dok. Dispenal)

Dalam kegiatan tersebut, Ali menyebutkan dengan kunjungan kerja ini, dapat ditunjukkan secara langsung pembangunan kapal PC 60.

“Kunjungan kerja ini bertujuan melihat proyek kita PC 60 M, semoga kerja sama ini berjalan dengan baik dan dapat ditingkatkan sehingga bisa mendukung produksi alutsista TNI AL”, kata Ali.

Baca Juga: ATAT Ke-17, TNI AD dan Royal Cambodian Army Perdalam Kerja Sama Pertahanan

Seusai menerima paparan, Ali melanjutkan kegiatan dengan melaksanakan peninjauan langsung ke workshop tempat produksi kapal untuk mengetahui proses pembuatan, melihat fasilitas pendukung yang terdiri dari ruang kelas pelatihan dan messing bagi calon pengawak PC 60.

Kapal yang memiliki panjang 61,20 meter, lebar 8,5 meter dan tinggi 4,95 meter ini dipersenjatai dengan 1 x Mer 40 mm Marlin ILOS dan 2 x senjata metraliur 12,7 mm. Kapal PC 60 ini akan diluncurkan pada Mei 2024 dan direncanakan rampung pada November 2024 mendatang. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER