Senin, 15 April 2024

KSAL: Kopaska Harus Mampu Menjadi Pengganda Kekuatan Tempur

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Muhammad Ali menekankan prajurit Komando Pasukan Katak (Kopaska) harus mampu menghadapi ancaman peperangan yang semakin kompleks.

Hal tersebut disampaikan Ali saat menghadiri sarasehan Kopaska TNI AL bertajuk “Kopaska Sebagai Prajurit Peperangan Laut Khusus Siap Mendukung Tugas TNI AL Menuju Indonesia Maju” di Jakarta, Senin (1/4).

“Kopaska harus mampu bertransformasi menjadi pengganda kekuatan (force multiplier) yang mampu menjawab berbagai bentuk ancaman peperangan masa depan yang semakin kompleks,” jelasnya dikutip dari keterangan Dispenal, Selasa (2/4).

Baca Juga: Tiga Komandan Brigif di Yonif 754/ENK Naik Pangkat Jadi Kolonel, Ini Nama-namanya

Ali mengatakan, Kopaska juga harus mampu menjabarkan serta mengimplementasikan visi TNI AL dalam pembangunan postur kekuatan yang modern, berdaya gentar kawasan, dan berproyeksi global.

“Secara responsif Kopaska harus mampu menjabarkan serta mengimplementasikan visi TNI AL ke dalam rencana pembangunan postur Kopaska yang terukur dan terarah sesuai lingkup tugas,” kata Ali.

Pada sarasehan tersebut juga terdapat presentasi terkait “Potensi Indonesia sebagai negara maritim dan konsep penyusunan postur TNI AL 2025-2044 sebagai kekuatan pertahanan laut yang kuat dalam menghadapi ancaman keamanan regional dan global di masa mendatang” yang disampaikan oleh Asrena KSAL Laksamana Muda Achmad Wibisono.

Baca Juga: Denpal Divif 1 Kostrad Ciptakan Inovasi Pompa Pengisian BBM Double Filter System

Selanjutnya paparan tentang “Perkembangan lingkungan strategis yang berkaitan dengan Pasukan Khusus dan potensi pelibatan Kopaska dalam tugas operasi TNI dan TNI AL” yang disampaikan oleh Asops KSAL Laksamana Muda Yayan Sofiyan.

Serta materi terakhir yang disampaikan oleh Wadan Puskopaska Kolonel Laut (P) Henricus Prihantoko tentang “Prioritas, strategi dan konsep pembangunan postur Kopaska meliputi kekuatan, kemampuan, operasional dan organisasi Komando Pasukan Katak 2025-2044”. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER