Selasa, 21 Mei 2024

KRI Banda Aceh Embarkasi Prajurit Pamtas RI-PNG untuk Latihan Prasatgas

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Usai mengangkut ratusan penumpang pada arus balik mudik lebaran, KRI Banda Aceh-593 turut melakukan embarkasi prajurit Satgas Pengamanan Perbatasan (Pamtas) Indonesia-Papua Nugini untuk latihan prasatgas di Batujajar, Bandung.

Embarkasi para prajurit satgas dilakukan saat kapal perang amfibi atau Landing Platform Dock (LPD) itu mengangkut para penumpang arus mudik lebaran dari dermaga Koarmada II, Surabaya, Sabtu (13/4), menuju kembali ke Jakarta.

Sebelum embarkasi, prajurit yang akan mengikuti latihan prasatgas mendapat arahan dari Perwira Bantuan Operasional Pasmar 2 Mayor (Mar) Fernando Lumi terkait aturan lintas laut.

Baca Juga: Pengadaan 2 Scorpene Bisa Jadi Efek Getar dan Tingkatkan Efektivitas Operasi Maritim

“Selama lintas laut, ikuti aturan yang ditetapkan oleh KRI Banda Aceh. Selain itu dalam mendukung pelaksanaan latihan, jaga nama baik Korps Marinir dengan menjadi pelatih berkualitas militan dan profesional,” ujarnya dikutip dari laman TNI AL, Senin (15/4).

Terpisah, Komandan Batalyon Infanteri (Danyonif) 3 Marinir Letkol (Mar) Adid Kurniawan Wicaksono, menyampaikan embarkasi untuk mengikuti latihan di Batujajar tersebut merupakan kegiatan administrasi awal prajurit Yonif 3 Marinir.

Baca Juga: Panglima TNI Ganti Penyebutan KKB Jadi OPM, Pengamat: Tidak Berarti Apa-apa

“Embarkasi personel pendukung latihan prasatgas Pamtas Indonesia-Papua Nugini tersebut merupakan kegiatan administrasi awal yang dilaksanakan prajurit Yonif 3 Marinir dalam mendukung latihan prasatgas,” kata Adid.

Adapun latihan prasatgas sebagai persiapan prajurit Yonif 3 Marinir untuk penugasan di daerah rawan. Para prajurit dilatih menguasai medan tempur dengan mampu membaca dan menganalisa kontur tanah dan jalan-jalan pendekat dalam menentukan tindakan di lapangan. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER