Sabtu, 2 Maret 2024

JAT dan Pegasus, 2 Tim Aerobatik TNI AU Siap Unjuk Manuver Udara pada Peringatan HUT ke-78 RI

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Sebanyak 8 unit pesawat KT-1B Woong Bee milik Jupiter Aerobatic Team (JAT) dan 5 helikopter Colibri tim Pegasus mendarat di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis (10/8).

Kedatangan belasan pesawat milik TNI Angkatan Udara (TNI AU) tersebut di Jakarta dilakukan dalam rangka persiapan HUT ke-78 Republik Indonesia yang jatuh pada 17 Agustus mendatang. JAT dan Pegasus akan unjuk aksi dan melakukan sejumlah manuver udara pada peringatan Hari Kemerdekaan RI.

Baca Juga: Indonesia Kembali Ekspor Kapal Perang ke Filipina

JAT terbang menuju Jakarta dengan dipimpin oleh flight leader Letkol Pnb Ripdho Utomo. Ripdho beserta the Jupiters, panggilan bagi para penerbang JAT, bertolak dari Skadik 102, Wingdik Terbang Lanud Adisutjipto Yogyakarta untuk menuju Jakarta.

Helikopter
Helikopter Colibri tim Pegasus TNI AU. (Foto: Dok. Instagram @militer.udara)

Dikutip dari keterangan TNI AU, JAT akan melaksanakan demo udara flypass dan berbagai manuver udara saat peringatan HUT ke-78 RI di langit Istana Negara.

Baca Juga: Bertemu Angkatan Laut Korsel, TNI AL Perkuat Kerja Sama Pendidikan dan Pengembangan SDM

Adapun tim Pegasus, merupakan tim aerobatik TNI AU yang berasal dari Skadron Udara 7 Lanud Suryadarma, Kalijati, Subang. Kedatangan mereka ke Jakarta dipimpin oleh flight leader Letkol Pnb Taufik.

Sebelum tampil pada peringatan Hari Kemerdekaan RI, JAT maupun Pegasus beserta seluruh unsur yang terlibat pada demo udara tahun ini dijadwalkan untuk melakukan gladi kotor dan gladi bersih, masing-masing pada 14 dan 15 Agustus 2023. (yas)

BERITA TERBARU

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER