Minggu, 16 Juni 2024

Italia Berupaya Jual 2 Kapal PPA Paolo Thaon untuk Indonesia

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Italia dikabarkan tengah berupaya menjual dua kapal patroli multiguna Pattugliatore Polivante d’Altura (PPA) kelas Paolo Thaon di Revel ke Indonesia.

Dilansir dari Defense News, Rabu (1/11), Menteri Pertahanan Italia Matteo Perego mengungkapkan, ketegangan dengan Cina di kawasan yang menurutnya, Indonesia perlu membutuhkan kapal baru dengan cepat.

Kapal-kapal yang akan dijual tersebut adalah yang sudah dibangun untuk Angkatan Laut Italia untuk mempercepat pengiriman.

“Saat ini, anda tidak bisa lagi berpikir untuk mengirimkan kapal dalam waktu tiga tahun, kita perlu mempercepat programnya,” kata Perego.

Baca Juga: KSAD Lantik 3 Pejabat Baru di TNI AD, Ini Nama-namanya

Italia sendiri memesan tujuh unit kapal patroli multiguna PPA dari Fincantieri, dan kapal keenam dari pesananan itu baru saja diluncurkan, yakni Ruggiero di Lauria pada 6 Oktober lalu.

Sedangkan dua kapal patroli multiguna PPA yang akan dijual ke Indonesia adalah yang sudah diluncurkan tetapi belum beroperasi, atau mungkin termasuk kapal ketujuh yang belum diluncurkan.

Angkatan Laut Italia nantinya kembali memesan dua unit kapal patroli multiguna PPA tambahan untuk kebutuhan mereka sendiri.

“Belum jelas kapal mana yang akan masuk ke Indonesia, itu tergantung kapan kontrak ditandatangani,” kata Perego.

Baca Juga: Siswa Pusat Pendidikan Laut Tembakan Meriam dan Demolisi di Probolinggo

Spesifikasi kapal patroli multiguna PPA buatan Italia

Kapal patroli multiguna PPA kelas Paolo Thaon ini memiliki panjang 143 meter dan berbobot sekitar 4.900 ton. Kapal perang ini dapat dikonfigurasi untuk berbagai jenis tugas, mulai dari misi bantuan bencana hingga bantuan militer.

Salah satu fitur menonjol dari kapal ini adalah desain kokpit yang menyerupai kokpit pesawat yang memungkinkan pengeroperasian kapal dengan hanya dua orang navigator.

Kapal ini dikategorikan sebagai kapal korvet dan dilengkapi dengan persenjataan yang melampaui fregat biasa dan bisa dianggap sebagai fregat kelas berat. PPA kelas Paolo Thaon ini dilengkapi berbagai sistem pertahanan, mulai dari versi ringan untuk tugas patroli hingga versi penuh dengan kemampuan pertahanan maksimal. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER