Jumat, 19 April 2024

Inggris, Jepang dan Italia Sepakati Perjanjian Kerja Sama Program Pesawat Tempur

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Inggris, Jepang dan Italia telah menandatangani perjanjian internasional terkait program kerja sama dalam mengembangkan pesawat tempur siluman ( stealth fighter jet ) dengan kemampuan supersonik dan dilengkapi teknologi canggih.

Dilansir dari Raf.mod.uk, laman resmi Angkatan Udara Inggris, Jumat (15/12), perjanjian ini menandai tahap penting dari Global Combat Air Program (GCAP) dan kantor pusat akan berbasis di Inggris.

Baca Juga: Majelis Umum PBB Bentuk Resolusi Desakan Gencatan Senjata di Gaza

Pesawat udara tempur ini, yang akan mengudara pada tahun 2035, bertujuan untuk menciptakan salah satu pesawat tempur paling canggih, mudah beradaptasi, dan terkoneksi secara global.

Nantinya, pesawat supersonik ini akan dilengkapi radar yang dapat menyediakan data 10.000 kali lebih banyak dibandingkan sistem yang ada saat ini, sehingga memberikan keunggulan dalam pertempuran.

Baca Juga: Militan Houthi Peringatkan Kapal di Laut Merah untuk Tidak Berlayar ke Israel

Di Inggris, upaya ini dipimpin oleh BAE Systems, yang bermitra erat dengan Rolls-Royce, Leonardo UK, dan MBDA UK. Mereka bekerja sama dengan beberapa perusahaan terkemuka dari Jepang dan Italia untuk memajukan desain dan pengembangan pesawat.

“Program pesawat tempur kami yang terdepan di dunia bertujuan untuk menjadi bagian penting dari keamanan global. Kami bekerja sama dengan mitra Italia dan Jepang, serta industri pertahanan untuk menghasilkan pesawat tempur yang luar biasa,” kata Menteri Pertahanan Inggris Grant Shapps. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER