Jumat, 19 April 2024

Indonesia Dapat Hibah 15 Rantis Bushmaster, Kebal dari Ranjau

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Indonesia akan mendapatkan hibah alat utama sistem persenjataan (alutsista) dari Australia, berupa 15 unit kendaraan taktis (rantis) Bushmaster dalam kondisi refurbished.

Dikutip dari keterangan Puspen TNI, Selasa (4/4), hal tersebut disetujui oleh Komisi I DPR RI saat rapat kerja bersama Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) RI M Herindra dan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono di Jakarta, Senin (3/4).

Herindra menjelaskan, hibah alutsista dari Australia itu juga beserta peralatan yang terdiri dari 13 tipe troops, 1 tipe command, 1 tipe ambulance, dan spare parts pendukung serta akan memberikan beberapa pelatihan mulai 22 Mei-7 Juli 2023 mendatang.

Baca Juga: JAT dan Dynamic Pegasus, Dua Tim Aerobatik yang Siap Unjuk Manuver Udara dalam HUT ke-77 TNI AU

Di kesempatan yang sama, Yudo menyampaikan penerimaan hibah ini akan menjaga hubungan bilateral antara Indonesia dan Australia, khususnya dalam bidang pertahanan dan operasi perdamaian juga.

Selain itu, hibah tersebut juga akan mengurangi pengalokasian dana pemeliharaan dari item yang sama bagi PMPP TNI untuk jangka waktu tiga sampai lima tahun ke depan.

“Sehingga menghemat anggaran negara yang dialokasikan untuk PMPP TNI,” kata Yudo.

Baca Juga: Akan Diberangkatkan ke Papua, Wakil KSAD Cek Kesiapan Prajurit Yonif Raider 300/Brajawijaya

Rantis Bushmaster adalah rantis kendaraan yang cocok digunakan untuk medan padang pasir, dan dapat mengangkut hingga delapan pasukan bersenjata lengkap. Bagian bawah kendaraan didesain menggunakan V hull, untuk meminimalisir efek akibat ledakan ranjau darat (mine blasting).

Kendaran ini juga memiliki kemampuan antiblasting dari bahan peledak sampai dengan 10 kg dan antibalistic terhadap munisi kaliber 7,62 mm serta dapat dilengkapi dengan peralatan antijammer Electronic Counter Measure (ECM). (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER