Sabtu, 20 April 2024

Hari Dharma Samudra 2024, Koarmada III Peringati Pertempuran Heroik Laut Aru

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Jajaran Koarmada III yang bermarkas di Kabupaten Sorong, Papua Barat Daya, melaksanakan kegiatan tabur bunga di perairan laut sekitar dermaga Lantamal XIV, Kota Sorong, Senin (15/1).

Tabur bunga ini merupakan kegiatan memperingati Hari Dharma Samudra pada 15 Januari. Pelaksanaan tabur bunga berlangsung dari atas KRI Wahidin Sudirohusodo-991, dipimpin Kepala Staf Koarmada III Laksamana Pertama TNI Singgih Sugiarto.

Dalam sambutannya, Singgih menyampaikan Hari Dharma Samudra adalah wujud penghormatan dan penghargaan kepada prajurit-prajurit laut yang gugur di setiap medan penugasan saat kemerdekaan.

Baca Juga: Sambangi Prajuritnya, Pangkostrad Gowes dari Jakarta Hingga Purwakarta

“Karena mereka telah berjuang bahu membahu mewujudkan kemerdekaan negara Indonesia,” ujarnya, dikutip dari keterangan Dispen Koarmada III.

Ia melanjutkan, sebagai bangsa yang besar maka kita menghargai jasa para pahlawan, setiap 15 Januari dilaksanakan peringatan Hari Dharma Samudra.

“Hari ini dilaksanakan tabur bunga di laut pascasebelumnya pada Jumat (12/1) ziarah ke Taman Makam Pahlawan Trijaya Sakti Kota Sorong,” katanya.

Baca Juga: TNI AD Distribusikan Bantuan untuk Korban Banjir di Musi Rawas Utara

Singgih juga memaparkan, Hari Dharma Samudra diperingati untuk mengenang gugurnya Komodor Yos Sudarso saat pertempuran heroik melawan Belanda pada 15 Januari 1962 di laut Aru, dalam rangka pembebasan Irian Barat untuk gabung ke Indonesia

“Hari Dharma Samudera mengingatkan kita semua para penerus dan para generasi muda yang akan datang, supaya selalu tahu dan ingat para pendahulu kita tulus ikhlas, gigih tanpa pamrih berjuang untuk mewujudkan NKRI,” paparnya.

“Oleh karena itu, pesan moral kepada kita semua termasuk generasi muda, dalam mengisi kemerdekaan yang sudah diperjuangkan, harus belajar yang baik, bekerja keras, tulus ikhlas, buat karya-karya positif untuk membangun dan mengisi kemerdekaan negara ini,” imbuhnya. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER