Selasa, 16 April 2024

Dynamic Pegasus TNI AU, Tim Aerobatik Pertama di Asia Tenggara dengan Helikopter

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Dynamic Pegasus menjadi salah satu tim aerobatik kebanggaan TNI Angkatan Udara (TNI AU). Bagaimana tidak? Indonesia patut berbangga pasalnya Dynamic Pegasus merupakan tim aerobatik pertama di Asia Tenggara yang unjuk aksi dan menyuguhkan sejumlah manuver udara dengan menggunakan pesawat rotary wing atau helikopter.

Sehari-hari, tim ini bermarkas di Skadron Udara 7 Lanud Suryadarma, Kalijati, Subang. Saat menunjukkan kebolehan dalam melakukan manuver udara, Dynamic Pegasus mengerahkan Helikopter EC-120B Colibri buatan Airbus Helicopter, Prancis.

Baca Juga: KSAD Buka Kejuaraan Tenis Meja Total Hadiah 220 Juta

Tampil dengan helikopter tidaklah mudah karena dibutuhkan keterampilan yang mumpuni. Untuk itu, seorang pilot Dynamic Pegasus harus memiliki kualifikasi sebagai instruktur penerbang dan memiliki sedikitnya 2.000 jam terbang.

Aerobatik
(Foto: Dok. Dispenau)

Dalam atraksinya, tim aerobatik ini biasanya tampil dengan formasi enam pesawat. Berbeda dengan tim aerobatik yang menggunakan fix wing, tampil dengan helikopter justru memungkinkan para penerbang untuk mempertunjukkan show pesawat sejak dari ground.

Hal ini tidak terlepas dari dimensi yang dimiliki oleh helikopter, yakni depan-belakang, kiri-kanan, dan atas bawah, di mana dimensi tersebut tidak dimiliki oleh pesawat fix wing.

Baca Juga: Alumni Akabri 1989 bersama TNI AL Salurkan Bantuan untuk Korban Gempa Cianjur

Menilik sejarah, tim Dynamic Pegasus sempat menyemarakkan gelaran HUT ke-66 TNI AU di Lanud Halimperdanakusuma, Jakarta pada 9 April 2012. Tahun 2012 tersebut lah yang menjadi tongak sejarah pembentukan tim ini secara resmi.

Bukan sekadar tim aerobatik, keberadaan Dynamic Pegasus sekaligus menjadi bukti profesionalisme dan kemampuan para penerbang Skadron Udara 7 dalam mengawaki alutsista TNI AU. (yas)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER