Sabtu, 20 April 2024

Cegah Pelanggaran Kedaulatan, TNI AU Gelar Operasi Patroli Udara di Perairan Aceh

BACA JUGA

Jakarta, IDM – TNI Angkatan Udara (TNI AU) menggelar patroli udara rutin bertajuk Operasi Udara Mata Elang-23 di wilayah perairan Aceh hingga pulau Andaman beberapa waktu lalu.

Unsur alutsista yang dikerahkan dalam patroli ini adalah pesawat Casa C-212 asal Skadron Udara 4 Lanud Abdulrachman Saleh, Malang. Sebelumnya, operasi serupa juga telah dilaksanakan oleh pesawat dari Skadron Udara 5 Lanud Sultan Hasanuddin, Makassar pada 14-16 Desember 2023.

Baca Juga: Pasmar 3 Kerahkan Ribuan Personel dan Alutsista untuk Pengamanan Pemilu 2024

Keseluruhan misi tersebut menggunakan Lanud Sultan Iskandar Muda, Aceh sebagai pangkalan aju. Komandan Lanud Sultan Iskandar Muda Kolonel Pnb Yoyon Kuscahyono mengungkap pihaknya akan terus memfasilitasi pelaksanaan operasi patroli udara ini.

Pesawat Casa 211
(Foto: Dok. Instagram @militer.udara)

Misi utama dari pesawat dengan tail number A- 2112 dan callsign Walet 12 ini adalah memberikan informasi terkini terkait situasi di perairan sekitar Aceh, khususnya yang dengan terkait gangguan keamanan dan pelanggaran terhadap batas wilayah negara. Salah satunya adalah pelayaran illegal para pengungsi Rohingya yang belakangan telah memasuki wilayah Indonesia.

Baca Juga: Harumkan Indonesia, Praka Ronal Siahaan Menang Spektakuler di MMA Cage Warrior 165, AS

“Situasi dan perkembangan yang terdapat dalam operasi akan kami laporkan ke komando atas untuk ditindaklanjuti. Pesawat ini bertugas melaksanakan patroli udara di perairan Aceh hingga Pulau Andaman, khususnya dari gangguan kedaulatan seperti masuknya pengungsi Rohingya dari Myanmar yang menggunakan transportasi laut,” ungkap Yoyon dilansir dari keterangan foto instagram @sultan_iskandarmuda, Selasa (19/12).

Lebih lanjut dijelaskan, pesawat ini juga mampu terbang rendah di atas permukaan laut untuk merekam aktivitas yang dapat mengancam batas wilayah kedaulatan negara. Nantinya, operasi ini akan memberikan bukti autentik berupa gambar dan rekaman dari udara. (yas)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER