Minggu, 16 Juni 2024

Bertugas Sejak 1979, Ini Kehebatan Kapal Perang USS Blue Ridge (LCC 19) yang Bersandar di Priok

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Hari ini, Rabu, (26/7) kapal perang Amerika Serikat USS Blue Ridge (LCC 19) bersandar di pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Kapal ini rencananya akan berada di Indonesia selama empat hari dan akan melaksanakan beberapa kegiatan yang telah dikoordinasikan oleh TNI Angkatan Laut dengan Atase Pertahanan Amerika Serikat antara lain courtesy call, special open ships, deck reception, bakti sosial bersih-bersih pantai dan penanaman mangrove, olahraga bersama, perform Navy Band USS Blue Ridge (LCC-19), dan passing exercise.

Baca Juga: Tangis Haru Penerima Kaki Palsu dari Program Bakti Sosial Lanud Ats

Kapal USS Blue Ridge (LCC 19) sendiri memiliki sejarah panjang di laut pasifik sejak dioperasikan tahun 1979. Namanya diambil berdasarkan Blue Ridge Mountains di Appalachian di Amerika Serikat bagian timur.

Awalnya dirancang untuk berfungsi sebagai pusat komando dan komunikasi untuk mendukung yang besar operasi amfibi namun dalam perkembangannya menjadi andalan di laut Pasifik. Tercatat, kapal ini terlibat berbagai operasi mencakup penjinakan ranjau di perairan Vietnam Utara pada tahun 1973, evakuasi Saigon pada tahun 1975, dan penempatan selama sembilan setengah bulan sebagai unggulan untuk Komandan, Komando Pusat Angkatan Laut Amerika Serikat selama
Operasi Desert Shield dan Desert Storm dari tahun 1990 dan 1991.

Kapal Perang USS Blue Ridge (LCC 19)
(IDM/Faisal Ramadhan)

Di bawah komando untuk Armada ke-7 AS, USS Blue Ridge dikerahkan dari Yokosuka, Jepang dan selama 31 tahun tidak pernah langsung memasuki perairan Amerika, selain Guam. Hal ini memecahkan rekor tidak ada kapal lain dalam sejarah Angkatan Laut AS terus dikerahkan selama itu.

Baca Juga: Pesan KSAD untuk 357 Perwira Remaja: Jangan Sia-Siakan Perjuangan Orang Tua dan Keluarga

Saat ini, kapal seberat 18.500 ton ini adalah kapal komando paling mumpuni yang pernah dibuat dengan pendukung komputer, peralatan komunikasi, dan elektronik lainnya yang canggih serta fasilitas yang memungkinkan Komandan Armada ke-7 dan stafnya untuk melakukan operasi dari jarak jauh AS dan angkatan laut sekutu di sekitar wilayah tersebut.

Berikutnya USS Blue Ridge adalah satu-satunya kapal di Angkatan Laut untuk terus menjadi tuan rumah komandan armada dan staf sepanjang tahun dan dapat berfungsi sebagai unggulan untuk Satuan Tugas Gabungan Komandan (CJTF) ketika kepentingan nasional membutuhkan. (rr)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER