Sabtu, 20 April 2024

Bakamla Uji Fungsi Meriam Buatan Turki

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Badan Keamanan Laut (Bakamla) menguji fungsi meriam SMASH 30 MM buatan Turki di Pulau Petong, Batam, Kepulauan Riau, Minggu (24/12).

Mengutip Bakamla Senin (25/12), Kepala Biro Sarana dan Prasarana (Sarpras) Bakamla RI, Laksma Bakamla Rudi Parulian Simorangkir mengatakan uji coba senjata melibatkan empat Kapal Negara (KN).

Baca Juga: Jokowi: Kodim IKN Akan Didesain Modern dan Green Building

Mereka adalah KN Bintang Laut-401, KN Ular Laut-405, KN Singa Laut-402, serta KN Belut Laut-406.

Selain dioperasikan oleh pengawak meriam dari empat kapal, uji coba juga dilakukan oleh tenaga ahli dari Aselsan, perusahaan yang memproduksi senjata tersebut.

“Keempat kapal tersebut melakukan uji fungsi tembak sasaran dengan jarak 400 meter hingga 1.500 meter,” jelas Rudi.

Baca Juga: Mengenal 2 Sosok Jenderal yang Ditunjuk Panglima Jadi Pangdam Baru

Adapun sebelum melakukan uji coba, Rudi menjelaskan para personel pengawak dari Bakamla dibekali pelatihan pengoperasian. Ia menuturkan meriam tersebut nantinya akan digunakan untuk patroli keamanan laut.

“Senjata ini nantinya berfungsi untuk keamanan diri anggota Bakamla RI dalam menjaga laut Indonesia pada saat melakukan patroli,” kata Rudi. (un)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER