Kamis, 30 Mei 2024

Angkut Bantuan Kemanusiaan untuk Palestina, C-130J Super Hercules TNI AU Transit di India

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Pesawat C-130J Super Hercules milik TNI Angkatan Udara (TNI AU) yang mengangkut bantuan kemanusiaan untuk rakyat Palestina dilaporkan melakukan transit dan pengisian bahan bakar di New Delhi, India, Sabtu (30/3).

“Tim diterima oleh Dubes RI, Ina H. Krisnamurthi dan Athan RI Laksma TNI Ardhiyansyah beserta staf. Dari New Delhi, pesawat akan melanjutkan penerbangan ke Abu Dhabi, UEA dan ke Yordania sebelum bantuan kemanusiaan diterbangkan ke Gaza,” sambung Dispenau.

Baca Juga: Kronologi Ledakan Gudang Amunisi di Ciangsana, Pangdam Jaya Pastikan Tak Ada Korban Jiwa

Sebelum tiba di India, C-130J Super Hercules telah melakukan dua kali transit, masing-masing di Lanud Sultan Iskandar Muda (SIM) Aceh serta Yangon, Myanmar pada Jumat (29/3). Setelah bermalam di Yangon, Myanmar, Super Hercules kembali melanjutkan penerbangan pada pukul 08.00 waktu setempat.

Pesawat C-130J Super Hercules A-1340
(Foto: Dok. Dispenau)

Misi kemanusiaan kali ini dipimpin oleh Komandan Wing 1 Lanud Halim Perdanakusuma, Kolonel Pnb Noto dengan melibatkan 26 personel gabungan lainnya. Pesawat Super Hercules A-1340 yang mereka awaki membawa bantuan logistik berupa kebutuhan pokok untuk rakyat Palestina di Gaza.

Baca Juga: HUT ke-62, Ini Keistimewaan Kopaska Pasukan Khusus TNI AL

“Bantuan-bantuan tersebut dikemas dengan menggunakan 900 payung utama orang (PUO) yang nantinya akan didistribusikan melalui metode airdrop atau diterjunkan dari pesawat,” pungkas Dispenau.

Pesawat C-130J Super Hercules A-1340 lepas landas (take off) dari Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta pada Jumat (29/3) dan keberangkatannya dilepas langsung oleh Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto; kepala staf tiga angkatan; beserta jajaran pejabat TNI lainnya. (yas)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER