Jumat, 19 April 2024

Ancaman Cina Meningkat, AS dan Filipina Komitmen Bekerjasama

BACA JUGA

IDM – Presiden AS Joseph R. Biden bertemu dengan Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr. di New York, Kamis (22/9). Mereka mereflekasikan pentingnya aliansi AS dan Filipina, khususnya demi mendukung kebebasan navigasi dan penerbangan di Laut China Selatan ditengah meningkatnya kekuatan militer dan pengaruh Cina di wilayah tersebut.

Dilansir dari Whitehouse.gov, sebuah laman resmi Pemerintah AS, Kamis (22/9), Biden mengatakan AS berkomitmen untuk “mendukung penyelesaian perselisihan secara damai untuk menjaga stabilitas di kawasan Laut China Selatan.” Dimana pertemuan ini juga menandakan adanya upaya memperbaiki hubungan yang kurang baik selama beberapa tahun kebelakang.

Biden menekankan bahwa aliansi kedua negara telah terbangun selama beberapa dekade, bahkan telah mengalami masa-masa sulit. Meskipun begitu, Biden berharap kesulitan di masa lampau tersebut justru dapat memperkuat fondasi hubungan kerjasama antara keduanya.

Marcos Jr. pun sepakat dengan pernyataan Biden tersebut dan mengatakan “Peran AS dalam menjaga perdamaian di kawasan kami adalah sesuatu yang sangat dihargai oleh semua negara di kawasan, khususnya Filipina. Dalam hal masalah geopolitik saat ini, pertimbangan utama Filipina dan prinsip kebijakan luar negeri Filipina adalah untuk mendorong perdamaian.”

Dilansir dari AP, Kamis (22/9), hubungan dengan Filipina pernah renggang ketika tahun 1996, sebuah pengadilan kemanusiaan AS menetapkan Presiden Filipina sebelumnya dan juga ayahnya Marcos, untuk ganti rugi sekitar $2 miliar atas penyiksaan dan pembunuhan ribuan orang Filipina. Meskipun begitu, pertemuan Biden dengan Marcos tidak terganggu atas masalah yang pernah terjadi tersebut.

AS merupakan negara yang sangat aktif menggaungkan kebebasan navigasi dan penerbangan di Laut China Selatan. Mereka pun telah mengerahkan patrol militer berkala untuk menentang klaim sepihak oleh Cina, dan mengatakan bahwa Cina telah meningkatkan kegiatan provokatif di wilayah tersebut. (BP)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER