Kamis, 22 Februari 2024

Aksi Personel Lanud Sultan Hasanuddin dalam Simulasi Force Down Pesawat Asing

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Personel Lanud Sultan Hasanuddin (HND) Makassar mengikuti Latihan Sriti Gesit 2024 pada beberapa waktu lalu, di mana salah satu materinya adalah simulasi penanganan force down.

” Force down ini dilaksanakan apabila terdapat pesawat asing yang melintasi wilayah udara nasional Indonesia tanpa izin yang lengkap. Sesuai dengan aturan, maka pesawat asing itu harus meninggalkan wilayah Indonesia,” tulis TNI AU.

Baca Juga: KSAD Buka Peluang Putra Maluku Jadi Prajurit TNI AD

Dalam simulasi penanganan force down kali ini, Lanud Sultan Hasanuddin mengerahkan 2 jenis pesawat, yaitu pesawat tempur Sukhoi 27/30 dari Skadron Udara 11, sementara pesawat Boeing 737-200 berasal dari Skadron Udara 5.

Kopasgat
(Foto: Dok. Instagram @lanudsultanhasanuddin)

Dilansir dari keterangan Lanud Sultan Hasanuddin dalam instagram @lanudsultanhasanuddin, Minggu (11/2), latihan simulasi force down diawali dengan identifikasi pesawat asing (diperankan oleh Boeing 737-200) yang telah memasuki wilayah udara nasional tanpa izin, karena tidak memiliki flight cleareance dan security cleareance.

Merespons hal itu, Lanud Sultan Hasanuddin kemudian mengerahkan pesawat tempur Sukhoi 27/30 untuk melakukan force down lantaran pesawat asing itu tidak mengindahkan imbauan untuk meninggalkan wilayah Indonesia.

Baca Juga: Jelang Pemilu 2024, Pasukan Elite Satbravo 90 Kopasgat Gelar Latihan Fastrope

Setelah pesawat asing itu mendarat darurat, langkah selanjutnya adalah pengamanan dan pemeriksaan yang dilakukan oleh Satpom Lanud Sultan Hasanuddin serta prajurit Kopasgat.

Selanjutnya, personel intelijen melakukan wawancara (interogasi) sebagai langkah pengamanan lanjutan, di mana hasilnya nanti akan ditindaklanjuti oleh komando atas. (yas)

BERITA TERBARU

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER