Sabtu, 15 Juni 2024

206 Pemuda Indonesia Timur Resmi Dilantik Jadi Prajurit TNI AL

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Sebanyak ratusan siswa pendidikan pertama Bintara (Dikmaba) dan pendidikan pertama Tamtama (Dikmata) dari Satuan Pendidikan (Satdik) 3 resmi menjadi prajurit TNI AL.

Peresmian tersebut dipimpin Komandan Pembinaan Doktrin, Pendidikan, dan Latihan TNI AL (Dankodiklatal) Letjen TNI (Mar) Suhartono melalui upacara pelantikan dan pengambilan sumpah siswa di Sorong, Papua Barat, Senin (17/7).

Tercatat 206 siswa yang mengikuti upacara pelantikan terdiri dari 106 siswa Dikmaba dan 100 Dikmata angkatan ke-43 tahun 2023.

Baca Juga: Kursus Sniper di Tiongkok, Letda Inf Josh Marulam Raih Gold Medal

Setelah resmi menyandang pangkat Sersan Dua dan Kelasi Dua, seluruh siswa yang merupakan pria dan berasal dari kawasan Indonesia Timur, yakni Papua dan Maluku, menjadi kekuatan baru TNI AL di bidang personel.

Upacara pelantikan
(Foto: Dok. Pen Kodiklatal)

“Meskipun sudah menyandang pangkat, karena status kalian masih sebagai siswa maka tetap jaga pola sikap dan pola tindak kalian,” tegas Suhartono dalam amanatnya, dikutip dari keterangan Pen Kodiklatal, Selasa (18/7).

Suhartono melanjutkan, penekanan tersebut bertujuan agar para prajurut tidak melakukan pelanggaran yang menyebabkan turunnya sanksi. “Karena tidak cakap melanjutkan pendidikan disebabkan karena faktor moral, kepribadian, dan kesamaptaan jasmani yang kurang,” kata Suhartono.

Baca Juga: Sepuluh Rescuer Penerbangan TNI AL Laksanakan Misi Penyelamatan di Probolinggo

Ia juga berpesan supaya mereka terus mengasah kemampuan dan kepintaran untuk kemajuan pendidikan selanjutnya.

“Untuk mempersiapkan pendidikan dasar holongan lanjutan (Diksargolan) selama dua bulan, sebelum ditugaskan di satuan atau daerah operasi,” tandasnya. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER