Minggu, 26 Mei 2024

1011 Pesilat Se-Kalimantan Ikuti Kejuaraan Pencak Silat Piala Pangdam XII/Tanjungpura

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Sebanyak 1011 pesilat dari berbagai perguruan pencak silat di Kalimantan Barat dan Kalimatan Tengah mengikuti kejuaraan pencak silat piala Pangdam XII/Tanjungpura Mayjen TNI Iwan Setiawan.

Dilansir keterangan Dispenad, Kamis, (28/12) kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari dengan kategori kelas tanding dan kelas seni pembukaan ditandai dengan pemukulan gong oleh Pangdam XII/Tpr didampingi Forkopimda dan Ketua IPSI Kalbar. Sebelumnya Pangdam menerima pemberian gelar Pendekar ditandai dengan penyematan sabuk kebesaran oleh Pendekar tertua.

Baca Juga: Prajurit Pilihan Taifib dan Kopaska Ikuti Kursus untuk Ditempa Jadi Denjaka

Menurut Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Iwan Setiawan kejuaraan Pencak Silat ini merupakan ajang silaturahmi dan sarana mencari atlet-atlet Pencak Silat dari Kalbar dan Kalteng untuk tampil di event-event nasional maupun internasional.

“Ini kesempatan kita mencari bibit-bibit muda, event ini juga di ikuti Atlet yang termuda pas usia enam tahun. Ini luar biasa,”

Sebanyak 1011 pesilat
(Foto: Penerangan Kodam XII/Tanjungpura)

Tahun 2023 ini lanjutnya, Kodam XII/Tpr bekerjasama dengan IPSI Kalbar sudah mengikuti Kejuaraan Pencak Silat Piala Kasad dan berhasil meraih juara kedua. Ia berharap kedepannya dapat meraih prestasi yg lebih maksimal lagi.

“Mudah-mudahan kita bisa menjadi juara umum pada PON yang akan dilaksanakan di Medan,” harapnya.

Baca Juga: TNI Sisir Rute Pengejaran Pelaku Penembakan 2 Prajurit di Maybrat

Dalam kesempatan ini Mayjen TNI Iwan Setiawan mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi IPSI Kalbar dan Dewan Guru yang telah memberikan kepada dirinya gelar Pendekar yaitu “Datuk Sri Panglima Penjaga Bumi “.

“Diharapkan ada hubungan emosional antara IPSI dan Kodam XII/TPR , Pencak silat ini adalah budaya kita yang harus kita jaga dan pertahankan,” kata Pangdam. (rr)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER