Selasa, 25 Juni 2024

Wujud Sinergisitas Antar Matra, Pesawat Hercules TNI AU Dukung Latihan Jungar Prajurit Kostrad

BACA JUGA

Jakarta, IDM – TNI Angkatan Udara (TNI AU) mengerahkan pesawat Hercules A-1336 dari Skadron Udara 33 Lanud Sultan Hasanuddin, Makassar untuk mendukung pelaksanaan latihan Terjun Penyegaran (Jungar) Statik prajurit Yonif Para Raider 432/WSJ Kostrad yang digelar di Kabupaten Jeneponto, Kamis (16/2).

Selain pesawat Hercules, wujud sinergisitas antara TNI AU dan TNI AD juga terwujud dengan pengerahan 10 personel jumping master dan satu tim Pengendali Tempur (Dalpur) Denmatra 2 Kopasgat untuk turut serta dalam kegiatan ini.

Keterlibatan personel Kopasgat TNI AU kali ini diharapkan dapat menambah jam terbang dan meningkatkan profesionalisme mereka dalam bertugas.

Hercules A-1336
Aksi prajurit Yonif Para Raider 432/WSJ Kostrad yang melakukan terjun penyegaran dari pesawat Hercules A-1336. (Foto: Dok. Instagram @kopasgat_tniau)

Melansir keterangan Penerangan Kopasgat dalam Instagram @kopasgat_tniau, Sabtu (18/2), dalam latihan kali ini, pesawat TNI AU mengangkut sebanyak 235 penerjun yang dipimpin langsung oleh Komandan Yonif Para Raider 432/WSJ Kostrad, Mayor Inf. Tinton Amin Putra.

Baca: Lebih Modern, Danlantamal XIII Resmikan Armada Baru Satrol RHIB II-13-40 Trimaran 12 Meter

Kegiatan penerjunanan pasukan langit Kostrad berlangsung dengan lancar dan aman. Meskipun dalam prakteknya hanya 90 penerjun yang dapat melakukan penerjunan lantaran kondisi cuaca saat itu tidak memungkinkan bagi semua penerjun untuk unjuk aksi. Jika dipaksakan, dikhawatirkan akan berbahaya bagi para penerjun.

Kesembilan puluh penerjun tersebut kemudian dibagi menjadi dua sorties penerbangan, yang masing-masing terdiri dari 60 penerjun pada sorties pertama, dan 30 penerjun pada sorties kedua. (yas)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER