Selasa, 16 April 2024

Wakil KSAL: Implementasi Smart Defense Sangat Penting dalam Melindungi IKN

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakil KSAL) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono, menyampaikan perlunya implementasi smart defense untuk penyesuaian strategi pertahanan negara secara menyeluruh dalam rangka melindungi Ibu Kota Nusantara (IKN).

Hal tersebut disampaikan saat menjadi keynote speaker pada seminar akhir Perwira Siswa (Pasis) Pendidikan Reguler (Dikreg) Sekolah Staf dan Komando TNI AL (Seskoal) angkatan ke-60 di Mako Seskoal, Jakarta, Kamis (27/10).

Dia melanjutkan, smart defense adalah pertahanan ibu kota yang berbasis teknologi, diplomasi, dan kearifan lokal yang terintegrasi sebagai bagian dari Strategi Pertahanan Laut Nusantara (SPLN) yang bersifat semesta dengan melibatkan seluruh komponen dan sumber daya nasional.

Implementasi Smart Defense Sangat Penting dalam Melindungi IKN
(Dok. Dispenal)

“Dalam perspektif geostrategis, ibu kota nusantara berada pada posisi yang strategis, namun demikian mengandung kerentanan terhadap ancaman,” ujar Heri, dikutip dari keterangan Dispenal.

Selanjutnya, pertahanan negara Indonesia disusun dengan memperhatikan geografi sebagai negara kepulauan, maka pertahanan matra laut disusun dalam konsep SPLN yang ditata berdasarkan dinamika lingkungan strategis maupun kemampuan sumber daya nasional yang dimiliki.

“SPLN untuk mencegah niat dari pihak-pihak yang mengganggu kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI, dan menanggulangi setiap ancaman aspek laut serta memelihara stabilitas keamanan perairan yurisdiksi Indonesia,” kata Heri.

Heri melanjutkan, pertahanan laut nusantara yang disusun dalam pertahanan berlapis ialah rencana-rencana tindakan yang bertujuan menjamin sterilitas wilayah dari kekuatan musuh dengan mengoptimalisasi Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT).

“Serta kolaborasi, integrasi dan keterpaduan kekuatan tri matra. Melibatkan seluruh sumber daya nasional untuk melaksanakan pengendalian laut, anti-akses, dan pencegahan,” tuturnya.

Baca: TNI AL Bersama Pemprov Jawa Timur Perkuat Pemberdayaan Masyarakat Pesisir

Sementara itu, Danseskoal Laksamana Muda TNI Yoos Suryono Hadi berharap kegiatan seminar akhir ini para peserta dapat pelajaran yang berharga.

“Semoga para Perwira Siswa dapat belajar dalam mengemukakan dan mempertahankan gagasan, maupun pendapat yang telah dirumuskan dan disusun,” harapnya. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER