Jumat, 19 April 2024

Turki Sepakat untuk Pasok Drone ke Mesir

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Menteri Luar Negeri Turki Hakan Fidan mengatakan bahwa pihaknya menyetujui permintaan Mesir untuk membeli drone. Kesepakatan itu disebut wujud dari hubungan bilateral yang semakin erat.

Dilansir dari Reuters, Senin (5/2), Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan rencananya akan bertolak ke Mesir pada 14 Februari untuk bertemu dengan Presiden Turki Abdel Fattah al-Sisi. Kunjungan itu akan menjadi yang pertama sejak keduanya meningkatkan hubungan dengan menunjuk duta besar pada tahun lalu.

Baca Juga: Terima Dua Sistem Pertahanan Udara Baru, Zelensky: Mampu Mencegat Apa pun

Fidan mengatakan kepada dalam siaran tv nasional Mesir bahwa pertemuan itu akan membahas masalah bilateral dan regional termasuk perdagangan, energi dan keamanan.

“Normalisasi dalam hubungan kami (Mesir-Turki) penting bagi Mesir yang ingin memiliki teknologi tertentu. Kami memiliki perjanjian untuk menyediakan drone dan teknologi lainnya,” kata Fidan.

Baca Juga: Uni Eropa Sepakati Bantuan Senilai $54 Miliar untuk Ukraina

Namun, Fidan tidak menjelaskan secara rinci terkait jenis atau jumlah drone yang akan dikirim. Drone Turki sendiri telah menjadi incaran banyak negara karena terbukti ampuh digunakan dalam beberapa konflik bersenjata seperti di Suriah, Libya, Azerbaijan, dan Ukraina. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER