Senin, 4 Maret 2024

Tingkatkan Pertahanan NATO, AS Kerahkan 6 Pesawat Perang Elektronik EA-18G ke Jerman

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Amerika Serikat (AS) mengerahkan enam pesawat peperangan elektronik EA-18G Growler ke Jerman, pada Senin (28/3) dengan tujuan untuk meningkatkan pertahanan kolektif NATO di wilayah tersebut, setelah invasi Rusia ke Ukraina.

AS juga mengirim tim yang akan bergabung dengan US Navy yaitu personel Angkatan Udara AS (United States Air Force/USAF) yakni Personel United States Air Force (USAF) dari Wing Tempur Cadangan 388 dan 419. Mereka akan melakukan operasi di wilayah Baltik dan Laut Hitam.

“Mereka dikerahkan sepenuhnya sesuai dengan upaya kami untuk meningkatkan kemampuan dalam pencegahan dan pertahanan NATO di sepanjang sisi timur ini, penempatan bukanlah respons terhadap ancaman atau insiden yang dirasakan,” ujar Kirby dikutip dari CNBC, Rabu (30/3).

Selanjutnya, sekitar 240 awak udara dan pilot juga akan diterbangkan ke Jerman. Menurut Kirby, pengerahan tersebut merupakan keputusan yang bijaksana untuk terus memperkuat postur kekuatan aliansi di sisi timur NATO. Armada Growler US Navy bergabung dengan jet tempur F-35A Angkatan Udara AS yang telah dikerahkan di Pangkalan Angkatan Udara Spangdahlem, Jerman.

Jet tempur Growler yang berasal dari Skuadron Serangan Elektronik 134 (VAQ-134) ini dilengkapi dengan beragam varian, pada saat pelaksanaan misi peperangan elektronik. Senjata tersebut menggunakan satu set sensor jamming untuk membantu melakukan penindasan operasi pertahanan udara musuh. (BFM)

BERITA TERBARU

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER