Kamis, 30 Mei 2024

Tingkatkan Keamanan Maritim, Cina Gelar Latma Militer dengan 5 Negara ASEAN

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Cina gelar latihan bersama (latma) bertajuk ‘Aman Youyi 2023’ dengan lima negara anggota ASEAN yaitu Malaysia, Thailand, Vietnam, Kamboja dan Laos di lepas pantai Zhanjiang hingga 22 November mendatang.

Baca Juga: Korut Kritik Kelompok G7 Sebagai ‘Sisa-sisa Perang Dingin’

Dilansir dari China Military, Rabu (15/11), Aman Youyi 2023 berfokus pada operasi kontraterorisme dan keamanan maritim, yang melibatkan lebih dari 3.000 peserta. Latihan ini juga akan dilakukan di darat dalam bentuk komando gabungan maupun operasi multidimensi.

“Tujuannya untuk meningkatkan kemampuan semua pihak yang berpartisipasi dalam operasi kontra-terorisme, memperdalam rasa saling percaya militer dan kerja sama pragmatis, sekaligus bersama-sama menjaga perdamaian dan stabilitas regional,” tulis Chinese People’s Liberation Army (PLA).

Baca Juga: Ukraina Sebut Rusia Intensifkan Serangan Udara Ke Kota Avdiivka

Latihan Aman Youyi diprakarsai oleh Cina dan Malaysia, dengan latma perdananya digelar di Kuala Lumpur pada tahun 2014 lalu. Tahun ini merupakan iterasi yang ke-5 tetapi merupakan yang pertama kali melibatkan Vietnam, Kamboja, dan Laos. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER