Minggu, 26 Mei 2024

Survival Sangga Langit 2023, Cara Lanud Ats Bekali Kemampuan Awak Pesawat untuk Bertahan Hidup

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Lanud Atang Sendjaja (Ats) Bogor menggelar kegiatan Latihan Survival Dasar Sangga Langit Tahun Anggaran 2023 untuk mengasah dan memberikan pembekalan kepada setiap awak pesawat dalam menghadapi tantangan dan resiko tugas yang tinggi di lapangan.

Latihan ini secara resmi dibuka oleh Komandan Lanud Atang Sendjaja Marsma TNI Suliono dalam sebuah upacara yang digelar di Main Apron Lanud Atang Sendjaja (Ats), Senin (6/2) dan ditandai dengan penyematan tanda peserta latihan.

“Untuk itu, latihan survival dasar ini mutlak diperlukan bagi setiap awak pesawat sebagai bekal dalam melaksanakan operasi penerbangan yang penuh dengan tantangan dan beresiko tinggi. Resiko tersebut tidak pernah kita harapkan, namun harus kita antisipasi dengan berlatih secara sungguh-sungguh,” ungkap Danlanud Ats.

Suliono pun berpesan agar setiap personel yang terlibat dalam latihan ini dapat selalu memperhatikan faktor keselamatan dan keamanan agar latihan dapat terlaksana dengan tertib dan lancar.

Memasuki pelaksanaan latihan hari kedua, para peserta mendapat materi latihan Kompas Siang. Latihan yang digelar di wilayah Cibalimbing, Sukabumi, Selasa (7/2) ini bertujuan untuk memberikan bekal kepada para peserta dalam memahami cara penggunaan kompas dan memetakan posisi mereka saat berada di alam bebas.

Baca: Kunjungi Pindad, Danjen Kopassus Jajal Maung dan Coba Senjata

“Kegiatan kompas siang dilaksanakan dengan berjalan kaki dari titik lokasi di desa Ciracap sampai finish berada di Lapangan Neglasari dengan jarak kurang lebih 8 kilometer,” demikian dikutip dari keterangan Penerangan Lanud Ats dalam laman TNI AU, Rabu (8/2).

Selain materi Kompas Siang, para peserta juga akan mendapat beragam materi latihan lainnya selama tiga hari ke depan yang dapat mengasah kemampuan para peserta dalam menghadapi situasi sulit ataupun kondisi alam tertentu. (yas)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER