Minggu, 26 Mei 2024

Rusia Klaim Ukraina Serang Enam wilayah, Hancurkan Pesawat Angkut Militer

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Kementrian Pertahanan (Kemhan) Rusia mengatakan bahwa Ukraina telah meluncurkan sejumlah drone ke enam wilayahnya pada beberapa waktu lalu. Serangan ini merupakan yang terbesar, menghancurkan pesawat angkut militer.

Dilansir dari Tass, laman resmi pemerintah Rusia, Rabu (30/8), Kemhan Rusia menyebut serangan itu terjadi di wilayah Pskov, Bryansk, Kaluga, Orlov, Ryazan, dan Moskow. Meskipun menyebabkan beberapa kerusakan, tetapi hampir seluruh drone Ukraina berhasil dihalau oleh sistem pertahanan udara Rusia.

Baca Juga: Yordania Klaim Tembak Jatuh Drone Suriah

“Di Pskov, serangan itu menyebabkan kebakaran di bandara. Beberapa pesawat angkut militer Il-76 juga rusak di sana. Dalam kasus lain, drone ditembak jatuh oleh unit pertahanan udara sebelum menyebabkan kerusakan apa pun,” lapor Tass.

Senada, Gubernur Wilayah Kaluga mengatakan dua drone telah menyerang wilayahnya, satu berhasil ditembak jatuh dan yang lainnya menghancurkan tangki minyak kosong. Drone Ukraina pun disebut mencoba menyerang menara TV di wilayah Bryansk.

Baca Juga: Pamer Postur Kekuatan, Pesawat B-1B AS Ikut Latihan Gabungan Bersama Korsel

Begitupun di wilayah Orlov, Ryazan dan Moskow, sistem pertahanan udara Rusia berhasil menembak jatuh seluruh drone Ukraina. Serta tidak ada laporan korban jiwa.

Pernyataan Kemhan Rusia ini diungkapkan setelah Ukraina mengklaim serangan serupa. Sebelumnya, otoritas militer Ukraina menyebut sistem pertahanan udaranya telah menembak jatuh 28 rudal Rusia dan 15 drone kemarin. Puing-puing drone itu berjatuhan di empat wilayah, yang menewaskan sedikitnya dua orang. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER