Kamis, 22 Februari 2024

Rusia Klaim Berhasil Ambil Alih Desa Dekat Bakhmut

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Rusia melalui Kementerian Pertahanannya mengklaim bahwa pasukan mereka telah menduduki Desa Khromove, wilayah yang diperebutkan di Ukraina timur.

Dilansir dari Reuters, Kamis (30/11), Khromove merupakan desa yang berlokasi di sebelah barat Bakhmut. Desa itu termasuk dalam Donetsk Oblast, wilayah yang diperebutkan antara Rusia dan Ukraina.

Warga Rusia menyebut Khromove sebagai Artyomovskoe dan memiliki populasi sekitar 1.000 jiwa sebelum konflik terjadi.

Baca Juga: Jepang Tangguhkan Penerbangan Pesawat Militer Osprey Usai Kecelakaan Angkatan Udara AS

Angkatan Bersenjata Rusia telah memusatkan fokus untuk bertempur di wilayah timur Donetsk sejak awal konflik. Sementara Ukraina terus berupaya mengambil alih wilayahnya, meskipun dengan kemajuan yang lambat.

Pasukan Rusia juga memfokuskan ‘operasi khusus’ untuk merebut kota Avdiivka sejak pertengahan tahun ini. Sebab, wilayah itu dianggap sebagai pintu gerbang ke pusat regional Donetsk yang dianeksasi Rusia.

Sementar itu, juru bicara militer Ukraina Oleksandr Shtupun mengatakan serangan udara Rusia di garis depan meningkat dua kali lipat di tengah cuaca yang semakin dingin. Menurutnya, Rusia mengirim hingga 20 tank untuk bergerak maju ke Ukraina. Kendati demikian, ia mengklaim pihaknya berhasil menghancurkan sebagian dari tank tersebut.

Baca Juga: Sekjen PBB Peringatkan ‘Bencana Kemanusiaan’ di Gaza

“Pasukan pertahanan Ukraina, dalam menangkis serangan Rusia, berhasil menghancurkan sejumlah besar peralatan militer lapis baja,” katanya.

Ukraina pun menyebut pasukan Rusia mengalami kerugian besar memasuki bulan ke-20 konflik. (bp)

BERITA TERBARU

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER