Selasa, 5 Maret 2024

Rebut Pangkalan Udara, Skuadron 600 Turunkan Kopaska dengan Taktik Air Landed

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Skuadron Udara 600 Wing Udara 2 Pusat Penerbangan Angkatan Laut (Puspenerbal) bersama Komando Pasukan Katak (Kopaska), pada pekan lalu menggelar latihan bersama.

Dikutip dari Instagram @wingudara2puspenerbal, Senin (13/2), skenario latihan bersama ini merebut pangkalan udara Juanda yang jatuh ke tangan musuh, sebagai aset penting TNI AL yang harus dikuasai kembali.
 
Dalam latihan ini, NC-212-200 dari Skuadron Udara 600 jajaran Wing Udara 2 bersama dengan Kopaska sebagai pasukan khusus trimedia, menggelar operasi khusus insertion ke pangkalan udara Juanda.
 
Pesawat udara NC-212-200 yang dioperasikan oleh Lettu Laut (P) Rana dan Lettu Laut (P) Fitrian tersebut melaksanakan taktik air landed. Pesawat akan mendarat, membuka ramp door untuk menurunkan Kopaska di runway dan segera pergi meninggalkan pangkalan.
 
Selain itu, operasi ini dapat memberikan efek kejut terhadap musuh, karena efek pendadakan dengan kedatangan pasukan secara cepat dan tiba-tiba. Taktik ini memerlukan kolaborasi dan kerja sama yang baik untuk melaksanakan operasi air landed.
 
Bahkan, dibutuhkan perhitungan yang tepat dan terkoordinasi antara pilot, kru serta pasukan sehingga dapat dilaksanakan dengan baik, aman dan tercapainya keselamatan terbang dan kerja.

Baca: Satbravo 90 Kopasgat TNI AU, Pengawal Misi Kemanusiaan Indonesia untuk Turki
 
Komandan Wing Udara 2, Kolonel Laut (P) Ma’arif, didampingi Komandan Skuadron Udara 600, Mayor Laut (P) Zulda turut meninjau langsung pelaksanaan latihan taktik air landed.
 
“Latihan seperti ini penting dilaksanakan untuk menjalin kerja sama yang baik agar operasi yang dilaksanakan berhasil,” tegasnya. (at)

BERITA TERBARU

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER