Senin, 15 April 2024

Putin Puji Kerja Sama Militer ‘Teknologi Canggih’ dengan Cina

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Presiden Vladimir Putin memuji kerja sama militer ‘teknologi canggih’ antara Rusia dan Cina. Menurutnya, kerja sama itu sangat penting dilakukan untuk menjamin keamanan strategis kedua negara.

Dilansir dari Reuters, Kamis (9/11), pernyataan itu Putin sampaikan saat pertemuan bersama Menhan Rusia Sergei Shoigu dan Wakil Ketua Komisi Militer Pusat Cina, Jenderal Zhang Youxia di Rusia.

Baca Juga: Pertama Kali, Myanmar-Rusia Gelar Latma Maritim

“Kerja sama teknis militer di bidang teknologi tinggi adalah yang utama. Senjata modern tentunya akan menjamin keamanan strategis Rusia dan Republik Rakyat Cina,” kata Putin.

Rusia dan Cina mendeklarasikan kemitraan “tanpa batas” pada Februari tahun lalu, ketika Putin mengunjungi Beijing beberapa hari sebelum dimulainya ‘operasi khusus’ di Ukraina. Putin juga menilai Amerika Serikat (AS) telah memicu ketegangan di Asia dengan membentuk aliansi militer AUKUS bersama Australia, dan Inggris.

“Kami melihat semua ini, dan bersama teman-teman kami, termasuk Cina, kami menyikapinya dengan tenang, hati-hati, dan memperkuat kemampuan pertahanan kami seperti melalui latihan gabungan angkatan laut dan udara,” jelas Putin.

Baca Juga: AS Lakukan Serangan Udara Terhadap Gudang Senjata IRGC di Suriah Timur

Sementara, Zhang mengatakan bahwa Cina menghormati Rusia karena kemampuannya menghadapi sanksi ketat yang dijatuhkan Barat. Ia pun menegaskan komitmen untuk lebih memperkuat kerja sama militer bilateral.

“Federasi Rusia di bawah kepemimpinan Anda dengan tegas menghadapi sanksi Barat, yang menunjukkan bahwa tidak ada kesulitan yang dapat melemahkan Anda dan Rusia. Untuk ini, pihak Cina menyatakan rasa hormatnya kepada Anda,” kata Zhang. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER