Minggu, 21 April 2024

Profil Pangkoarmada I Laksda Achmad Wibisono, Putra Dankormar Ke-8 Aminullah

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Panglima TNI Laksamana Yudo Margono menunjuk Laksamana Muda Achmad Wibisono dari Kas Kogabwilhan II, kini akan menggantikan menjadi Pangkoarmada I.

Penunjukkan itu tertuang dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/779/VII/2023 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia tertanggal 17 Juli.

Secara total, ada 96 perwira tinggi (Pati) yang dirotasi dalam surat keputusan tersebut, yaitu terdiri dari 53 Pati TNI AD, 47 Pati TNI AU, dan 26 Pati TNI AL.

Baca Juga: Kronologi Lanudal Juanda Gagalkan Penyelundupan 71 Ribu Benih Lobster Tujuan Singapura

Dikutip dari keterangan Puspen TNI, Kamis (20/7), Achmad menggantikan posisi Laksamana Muda Erwin S Aldedharma dari Pangkoarmada I, kini menjabat Pangkogabwilhan I. Sedangkan Laksamana Pertama Rudhi Aviantara dari Kas Koarmada III, menjadi Kas Kogabwilhan II.

Achmad merupakan alumni Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan ke-XXXVIII 1992. Pria berusia 53 tahun ini adalah putra dari mantan Komandan Korps Marinir ke-8 Mayjen TNI Mar (Purn) Aminullah Ibrahim, periode 1987-1990.

Ia memulai jabatannya sebagai Komandan Lanal Banjarmasin, Komandan KRI Yos Sudarso-353 pada periode 2012-2013, Komandan Satkor Koarmabar, Asrena Pangarmabar pada 2018, dan Paban II Jemen Srenal pada 2021.

Baca Juga: Daftar Lengkap 7 Pangdam yang Dimutasi Panglima TNI, Ada Pangdam III/Slw dan IX/Udayana

Kemudian, Achmad melanjutkan karirnya sebagai Komandan Lantamal I Medan periode 2021-2022, Waasrena Kasal pada 2022, dan dilantik menjadi Kepala Staf Koarmada I periode 2022-2023.

Lalu, ia dimutasi kembali menjadi Kepala Staf Kogabwilhan III pada 2023. Masih di tahun yang sama, Achmad dirotasi menempati posisi Kepala Staf Kogabwilhan II, dan terakhir diberikan amanah untuk mengemban jabatan Pangkoarmada I. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER