Minggu, 14 April 2024

Pimpin Upacara Kemerdekaan, Kaskostrad Sampaikan Pesan Panglima TNI: TNI Harus Netral

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Kepala Staf Kostrad (Kaskostrad), Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa menjadi inspektur upacara saat upacara HUT ke-78 kemerdekaan RI di markas Kostrad, Gambir, Jakarta, Kamis (17/8).

Kaskostrad yang membacakan amanat Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono manyampaikan, bahwa pada hakekatnya upacara yang kita laksanakan merupakan bentuk penghormatan sekaligus penghargaan kita kepada para pejuang, pendiri republik ini, para pahlawan sejati yang telah memberikan segala-galanya melampaui dari apa yang seharusnya diberikan.

Baca Juga: Tiga Kapal Perang Kelas Bung Tomo Upgrade CMS dan Radar Baru

Oleh sebab itu, sebagai generasi penerus, wujud penghormatan dan penghargaan yang paling mulia, yang harus kita berikan adalah mewarisi tradisi dan nilai-nilai kejuangan serta melanjutkan untuk mengisi kemerdekaan.

“TNI harus menjadi perekat kemajemukan bangsa, karena TNI merupakan garda terdepan dalam menjaga kerukunan, toleransi dan kebinekaan, sehingga bangsa Indonesia tetap menjadi bangsa yang utuh, kuat dan tangguh,” ujar Panglima TNI.

Baca Juga: KRI Frans Kaisiepo Latihan Bersama Kapal Destroyer dari Italia di Perairan Lebanon

Selain itu, Indonesia yang sebentar lagi akan memasuki tahun politik, Panglima TNI menegaskan bahwa TNI tetap harus netral. Netralitas TNI merupakan kehendak rakyat Indonesia yang telah diamanatkan dalam UU TNI Nomor 34 Tahun 2004 tentang Jatidiri TNI di antaranya tidak berpolitik praktis.

Netralitas TNI juga merupakan wujud nyata, bahwa TNI tidak ingin kembali ke politik, TNI secara tegas tidak masuk ranah politik praktis. (nhn)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER