Minggu, 14 April 2024

Pesawat Kedua Super Hercules C-130J-30 TNI AU Mendarat di Tanah Air

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Pesawat kedua Super Hercules C-130J-30 TNI Angkatan Udara (TNI AU) mendarat di Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (28/6).

Kadispenau Marsma TNI Agung Sasongkojati mengungkapkan, pesawat Super Hercules baru ini memiliki nilai penting bagi TNI AU karena dapat meningkatkan kemampuan pertahanan dan keamanan dalam konteks Operasi Militer Perang (OMP).Selain itu, C-130J-30 juga dapat dikerahkan untuk misi kemanusiaan dan membantu masyarakat dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

Lebih lanjut Agung menjelaskan perihal sejumlah keunggulan C-130J-30 Hercules jika dibandingkan dengan series pesawat sebelumnya, baik dari sisi operasional maupu kecepatannya.

Baca Juga: Tim Gabungan TNI-Polri Telusuri Hutan Halmahera Cari OTK yang Tembak Warga dengan Panah

“Keunggulannya dia (C-130J-30) lebih cepat, lebih tinggi terbangnya, lebih hemat, dan lebih irit. Sekali lagi, begitu efisien dan efektif dari pesawat yang lama. 50% lebih hemat, itu sangat berarti,” ungkap Agung dalam konferensi persnya.

Kadispenau Marsma TNI Agung Sasongkojati
Kadispenau Marsma TNI Agung Sasongkojati dan Karo Humas Kemhan RI Brigjen TNI Edwin Adrian Sumantha. (IDM/Albrianso Wayapen)

Terkait dengan kesiapan SDM, Kadispenau menyebut jika pihaknya memiliki pilot-pilot modern yang terlatih dan siap untuk mengoperasionalkan pesawat angkut canggih ini.

“Pilot-pilot kita adalah pilot modern. Mereka generasi Y atau Z. Tentu hanya smart pilot yang bisa mengoperasikan (pesawat ini). Kita memiliki cukup banyak pilot yang bisa mengoperasikan pesawat ini dengan baik,” imbuhnya.

Baca Juga: 21 KRI Dikerahkan dalam Latihan Armada Jaya 2023, Ini Jenisnya

Sementara itu, Karo Humas Kementerian Pertahanan Brigjen TNI Edwin Adrian Sumantha mengungkapkan, pesawat dengan tail number A-1340 ini nantinya akan diserahterimakan oleh Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

“Pesawat yang pertama sudah diresmikan oleh Bapak Presiden RI Joko Widodo. Rencananya, untuk pesawat yang kedua akan diserahterimakan secara resmi oleh Bapak Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto kepada Kepala Staf Angkatan Udara dalam beberapa hari ke depan,” jelasnya.

Baca Juga: Kadispenau: Pesawat C-130J Super Hercules Lebih Cepat, Efisien dan Efektif

Sebagai informasi, Kemhan RI telah memesan lima unit pesawat C-130J-30 Super Hercules dari Lockheed Martin, Amerika Serikat.

Unit pertama telah tiba pada Maret lalu. Sementara itu, tiga unit lainnya dijadwalkan tiba secara bertahap pada Juli dan Oktober 2023 serta Januari 2024. (yas)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER