Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Perlu Sinergi Seluruh Komponen Bangsa

14
Photo. Dok: Dispenau

Bandung (IDM) –Pentingnya peran TNI-Polri beserta komponen bangsa lainnya dalam mendukung program pemerintah untuk mempercepat penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi guna mewujudkan Indonesia Tangguh.

Hal tersebut disampaikan Dansesko TNI Marsda TNI Diyah Yudhanardi saat menutup Program Kegiatan Bersama Kejuangan (PKB Juang) Tahun 2021 secara daring di Grha Widya Adibrata, Sesko TNI, Bandung, diikuti Perwira Siswa (Pasis) Sesko TNI, Peserta Didik (Serdik) Sespimti Lemdiklat Polri, Pasis Sesko Angkatan, dan Serdik Sespimmen Lemdiklat Polri, Jumat (11/06/2021).

Menurutnya Dansesko, berbagai hal telah dibahas dan didiskusikan secara mendalam pada seminar PKB Juang yang tentunya dapat diimplementasikan dalam menjawab segala tantangan tugas dengan meningkatkan kepedulian sebagai anak bangsa, yang memiliki jati diri guna menghadapi pengaruh yang berkembang saat ini.

“Melalui kegiatan ini, para Pasis dan Serdik dapat membuka cakrawala pandang, ide, dan gagasan yang lebih luas serta berpikir secara komprehensif dalam menentukan masa depan sesuai peran dan fungsi penugasan sesuai bidangnya masing-masing,” ujarnya.

Selama lima hari pelaksanaan, PKB Kejuangan telah berhasil merumuskan gagasan dalam bentuk naskah induk Pasis Sesko TNI dan Serdik Sespimti Lemdiklat Polri dengan judul “Konsepsi Peran TNI Polri Beserta Komponen Bangsa Lainnya Dalam Percepatan Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Guna Mewujudkan Indonesia Tangguh Dalam Rangka Keberlangsungan Pembangunan Nasional” serta Pasis Sesko Angkatan dan Serdik Sespimmen Lemdiklat Polri dengan judul “Optimalisasi Peran TNI Polri Beserta Komponen Bangsa Lainnya Dalam Percepatan Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Guna Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Dalam Rangka Terwujudnya Indonesia Tangguh”.

Sementara itu, Danseskoau Marsda TNI Samsul Rizal, S.I.P., M.Tr (Han)., yang turut menyaksikan secara daring mengatakan salah satu kunci keberhasilan dalam percepatan penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi guna mewujudkan Indonesia Tangguh adalah sinergitas dan integrasi TNI Polri beserta komponen bangsa lainnya.

“Momentum ini dapat dijadikan awal yang baik untuk terus mengembangkan inovasi dan kreativitas untuk terus mendukung program pemerintah, yang terpenting saat ini yaitu percepatan penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi,” ujarnya.

Bertemakan “TNI Polri Beserta Komponen Bangsa Lainnya Siap Melaksanakan Percepatan Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Guna Mewujudkan Indonesia Tangguh”, kegiatan dilaksanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan dan diikuti oleh 1.376 Pasis dan Serdik yang terdiri dari 200 Pasis Sesko TNI, 150 Serdik Sespimti Lemdiklat Polri, 450 Pasis Seskoad, 175 Pasis Seskoal, 127 Pasis Seskoau, dan 274 Serdik Sespimmen Lemdiklat Polri. (nhn)