Kamis, 30 Mei 2024

Pakistan Peringatkan “Tanggapan Efektif” Terhadap Konfrontasi Taliban

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Panglima Militer Pakistan memperingatkan kelompok teroris Taliban yang bermarkas di Afghanistan untuk tidak melakukan serangan bersenjata terhadap negaranya. Jenderal Asim Munir menyebut pihaknya tidak akan segan memberi “tanggapan efektif” terhadap Taliban.

Dilansir dari AP, Senin (17/7), pernyataan tegas Munir itu muncul setelah dua serangan militan Taliban di provinsi Baluchistan yang berbatasan dengan Afghanistan. Serangan Minggu lalu itu dilaporkan memakan korban sebanyak 12 tentara Pakistan.

Baca Juga: Presiden Ukraina: Rusia Mengerahkan Seluruh Sumber Daya Militer di Medan Tempur

Kelompok Taliban sendiri sempat beraksi di Pakistan namun keberadaannya terus ditekan oleh pasukan militer. Kini, Taliban yang berada di Afghanistan berupaya melakukan serangan lintas batas ke Pakistan.

“Angkatan bersenjata Pakistan sangat menentang markas dan kebebasan bertindak yang dimiliki Taliban Pakistan di Afghanistan,” kata Munir.

Lebih lanjut, Munir mengatakan ia ingin Taliban Afghanistan untuk memenuhi janji berdasarkan kesepakatan yang dimediasi oleh Amerika Serikat pada tahun 2020. Dalam perjanjian tersebut, Taliban sepakat untuk berdamai dan tidak melakukan serangan di wilayah Afghanistan.

Baca Juga: AS Kirim F-16 Untuk Awasi Kapal Tanker Minyak di Teluk Persia

“Serangan yang tidak dapat ditolerir ini akan mendapat tanggapan yang efektif,” tegas Munir.

Keberadaan Taliban di wilayah Pakistan diduga karena mereka mengincar sumber daya gas yang melimpah khususnya di Provinsi Baluchistan. Kelompok teroris itu juga disebut bekerja sama dengan separatis lokal Pakistan untuk menguasai wilayah tersebut. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER